Open in Browser not Download

O

Ada request untuk apps yang dibuka di browser (web app) untuk bagian attachmentnya dibuka di browser tanpa harus download. Ya sebelum-sebelumnya appsnya harus mendownload file-filenya dulu kalau mau dilihat isinya. File-file yang diupload oleh user beragam tipenya.

Salah satu solusi yang sebelumnya bisa (POC) adalah pakai produk onedrive dari microsoft. Karena dengan API yang ada, dan kebanyak user membuat dokumen yang diupload adalah dokumen-dokumen yang dibuat oleh microsoft. Enak sekali secara user experience. Sayangnya ada drawback, file-file yang ada selama ini sekitar 500Gb setiap tahun. Sehingga kalau kita menggunakan service microsoft ini cukup mahal. Dan customernya agak susah mengerti model ini, yang mana artinya harus membayar setiap bulan / tahun.

Akhirnya karena diminta lagi, dicoba pakai nextcloud. Bisa juga, mungkin secara UI tidak sebagus Onedrive. Tapi alternatif yang ada kelihatannya ini. Proses backup harus dilakukan / disediakan sendiri juga. Bukan pakai service dari penyedia jasanya. It’s ok, karena rencana memang filenya akan dikirim ke dua lokasi (satu space hard disk yang bisa diakses langsung apps, yang satunya di nextcloud ini). Cuma ini nextcloud kelihatannya ada banyak fitur dan service yang belum diperlukan. Kemaren secara umum, dipilih nextcloud bukan owncloud.

Semoga solusi ini bisa digunakan. Oh iya, sebelumnya saya sudah menggunakan nextcloud (dari apps install dari truenas) untuk menggantikan dropbox, google drive, dll. Cuma ternyata ada beberapa kekurangan yang dirasakan sampai akhirnya saya uninstall. Salah satunya untuk file-file besar, dan di sync ke beberapa lokasi user (kantor), ini menghabiskan bandwidth. Bisa sih harusnya dibatasi penggunaan bandwidth untuk port / ip tertentu. Lalu agak sebel suka semacam dipaksa update ama si nextcloud client apps-nya. Kenapa harus agak terlalu mengganggu permintaan updatenya? Uninstall deh.

Nextcloud ini juga cocok loh buat taruh file-file buku (pdf, epub), dan video tutorial.

About the author

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang, dan traveling. Co-Founder AnakBisa.com. www.konsep.net / www.netdesain.com.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

By Mico Wendy

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang, dan traveling. Co-Founder AnakBisa.com. www.konsep.net / www.netdesain.com.

Get in touch