HestiaCP

H

Coba control panel lain selain yang kemaren (webmin/virtualmin). Namanya HestiaCP. Secara UI tampak modern dan bersih. Bisa jadi favorit user. HestiaCP juga open source, dan bisa digunakan secara free. Jika kita cari infonya jika ada masalah, so far ada solusinya.

Ada fitur darkmode nya. Dan tampaknya baik.

Beberapa ada yang harus di set lagi, seperti phpmyadmin, webmail ini kalau di search, ada solusinya. Karena owner dan privilege yang harus di set ulang. Bagian setting variable per domain juga tidak diberikan, contoh “max_upload_size”. Jadi harus dari admin utama yang bisa mengeditnya. Untuk SSL, jika kita menggunakan cloudflare. Bisa kejadian tidak jalan karena bolak balik (bisa kita matikan di cloudflare, tetapi kalau kita pakai subdomain yang lain dan beda penggunaan jadi susah). Untuk multi php version, disarankan sejak awal installnya. Jika menambah di belakangan lebih sulit. Ada command installer generator yang disediakan HestiaCP yang lengkap. Multiple database juga bisa (dan disarankan di awal), sudah dicoba disediakan, tetapi belum dicoba apakah ada masalah (belum coba postgresql).

Kesimpulan sementara: untuk managed account personal, tampaknya cukup. Dan secara UI lebih enak digunakan dari virtualmin. Virtualmin tampak rumit, dan so far saya search agak sulit. Search solution pakai chatgpt, claudeai, perplexity, keluarnya kurang pas. Sering kali hasil dari gpt itu menu, button, dll nya tidak ada atau tidak tepat. Malah kebanyakan ngga pas.

About the author

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang, dan traveling. Co-Founder AnakBisa.com. www.konsep.net / www.netdesain.com.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang, dan traveling. Co-Founder AnakBisa.com. www.konsep.net / www.netdesain.com.

Get in touch