Pindah ke Adguard

P

Setelah beberapa lama menggunakan ad blocker lain di browser (khususnya Chrome Browser dan Firefox), saya mencari alternatif yang lain untuk penggunaan di safari browser di Macbook. Dari hasil search dan membaca review-review, membandingkan masing-masing fitur yang ada di internet saya akhirnya mencoba AdGuard (https://adguard.com). AdGuard ini ada versi yang jalan di browser seperti extension lainnya, tetapi ada juga yang sebagai aplikasi yang jalan dari luar browser. Kelebihannya:

Untuk menggunakan aplikasi stand alonenya, tidak gratis. Tetapi ada versi trial selama 14 Hari. Yang mana menurut saya cukup untuk dicoba sampai kira-kira bisa memutuskan apakah akan lanjut menggunakan aplikasi ini atau tidak. Setelah mencoba hampir 2 minggu, ternyata saya puas. Di aplikasi safari browser saya jadi tidak usah diinstall extension lain.

 

Lumayan kalau dilihat dari jumlah yang dibloknya. Ini termasuk kemaren sekitar 6 hari saya tidak menggunakan komputer karena masuk rumah sakit kecelakaan. 😐
Enaknya lagi, kita tinggal klik on off di atas atau per masing-masing fitur untuk memilih apakah blocker kita mau jalan atau tidak. Kita juga bisa menambahkan situs yang ingin di exclude supaya tidak dilewati AdGuard.

Beberapa kelebihan AdGuard menggunakan ad blocker di extension browser lain:
* Kalau adblock lain: didownload dulu contentnya, kalau ada ads baru di blok. Sedangkan kalau pakai AdGuard sudah diblock sebelum didownload adsnya. Harusnya sih ada penghematan bandwidth dan lebih cepat.
* Saya hanya perlu install satu aplikasi ini, tidak perlu install di masing-masing browser. ps. Saya suka menggunakan beberapa browser untuk kebutuhan.
* ada fitur “Privacy Protection”.
* fitur pertahanan “Phishing” dan “Malware”.

Selain AdGuard untuk Mac, juga terdapat produk lain seperti AdGuard for Windows, AdGuard for Android, AdGuard for iOS. Cuma saya pakai yang untuk Mac saja.

Untuk pilihan pembayaran, ada yang model subscription (tahunan) atau ada yang seumur hidup. Kelihatannya pilihan seumur hidup juga boleh ya menarik.

Sebenernya saya suka berpikir apakah memang begitu pentingnya data saya jika ada pihak lain (browser, social media, search engine) yang ngetrack saya ke mana aja, search apa aja. Toh saya bukan owner google juga, atau owner Apple, jadi harusnya sih ngga apa. Tapi dengan adanya pilihan untuk privacy seperti yang ditawarkan oleh AdGuard, why not.

About the author

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

By Mico Wendy

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Get in touch