Menggunakan Komputer Bersama

M

Belakangan komputer windows 10 yang biasanya saya gunakan, suka dipakai istri. Karena memang secara komputer cukup memadai, aplikasinya juga rapih, sehingga digunakan cukup cepat. Saya sendiri sekarang menggunakan komputer Mac ngga jauh dari komputer Windows tersebut. Beberapa aplikasi sayangnya hanya ada di windows, dan saya juga menaruh beberapa pekerjaan, files, dan lainnya di komputer itu. Misalnya semua email ditarik (Pop mail) ke komputer tersebut untuk disimpan, sedangkan komputer Mac dan notebook saya hanya membaca saja (IMAP).

Belakangan cukup sekali sering dipakai oleh istri, jadi harus gantian. Dan cukup berabe. Remote desktop ke windows 10 hanya bisa 1 user aktif saja (windows server bisa tanpa diapa-apain). Dulu pernah diset ganti-ganti beberapa registry dll. Cuma pas update, kelihatannya tertimpa. Tadi coba search-search ternyata ketemu untuk akses windows 10 lebih dari satu user secara bersamaan.

Namanya RDP Wrapper (RDP = Remote Desktop Protocol)

https://github.com/stascorp/rdpwrap/releases

Setelah dicoba lumayan nih, bisa jalan bersama-sama. Malah ada setting sehingga kita bisa login dengan nama yang sama dengan session yang berbeda (agak bikin pusing sih, kalau lupa yang session mana yang lagi jalanin anu).

2018-11-10_01-53-29

About the author

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

By Mico Wendy

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Get in touch