Kalau Hujan Apakah Berbahaya Pake Handphone

K

Pada saat saya berjalan-jalan ke “Stone Garden Citatah“, terdapat papan petunjuk yang cukup membuat saya ingin mencari informasi lebih lanjut.

Jangan Telpon Ketika Hujan

Kurang lebih diminta kalau hujan jangan nyalakan HP. Barusan saya jadi coba search di internet. Ternyata ada satu kejadian di Sandiago Hills, ketika seseorang sedang di sana, dan sedang telpon menggunakan handsfree (pake kabel). Ternyata saat hujan langsung tersambar. Posisi Sandiago Hills itu mirip seperti di gunung ini / Stone Garden. Jika kita berdiri, bisa jadi kita adalah yang paling tinggi di daratan tersebut. 

Ada beberapa berita, tapi kelihatannya semuanya mengarah ke berita di kompas: 

Benarkah Main Ponsel Saat Hujan Bisa Tersambar Petir?

Nah kalau dari bacaan tersebut… halaman 1, dan 2, ada beberapa pendapat. Salah satunya adalah karena bahannya (logam) termasuk kabel yang menghantarkan listrik. Jadi baiknya dihindari saja.

Ini saya copas dari berita kompas tersebut:

Di luar ruangan:

  • Jika ramalan cuaca mengatakan akan ada badai petir, tunda semua aktivitas.
  • Saat ada petir, masuk ke dalam rumah atau cari tempat berlindung.
  • Jika tidak ada lokasi berlindung, berjalanlah secara merangkak atau merayap, usahakan badan serapat mungkin dengan tanah atau bumi.
  • Hindari dinding atau lantai beton sebab aliran listrik bisa merambat melalui logam besi atau kawat yang menjadi rangka beton.
  • Panduan keamanan di saat petir adalah aturan 30-30. Setelah melihat kilat, mulai berhitung hingga 30. Jika mendengar geledek sebelum hitungan ke-30, masuk ke dalam ruangan. Tunda aktivitas di luar hingga 30 menit setelah bunyi geledek terakhir

Dalam ruangan:

  • Hindari penggunaan air pada saat badai petir. Arus listrik petir bisa mengalir melalui pipa ledeng.
  • Hindari peralatan listrik segala jenis. Listrik petir bisa merambat melalui sistem elektrik dan radio serta sistem antena televisi.
  • Hindari penggunaan telepon kabel.
  • Hindari dinding dan lantai beton.

Untuk yang di dalam ruangan, menuut saya agak sulit. 

Btw. buat yang belum ke “Stone Garden Citatah” perlu coba, bagus buat foto-foto. Bisa check di sini: http://www.travelblog.id/jalan-siang-ke-stone-garden-citatah-padalaran/

About the author

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Add Comment

By Mico Wendy

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Get in touch