Penyimpanan Photo di Cloud

P

Dengan berjalannya waktu, saya jadi secara sadar / tidak sadar menggunakan beberapa jasa penyimpanan photo. Terutama karena fitur otomatis dari handphone yang digunakan. Fitur cloud tersebut:

  • OneDrive: banyak photo yang karena saya menggunakan windows phone saat itu.
  • Dropbox: karena sempat digunakan pada waktu belum menggunakan google drive. Dan sempat terpikir untuk menggunakan dropbox karena sudah menggunakan jasa permium dan karena mudah terintegrasi dengan semua OS.
  • Google Drive: karena penggunaan awal dari handphone berbasis Android.
  • iClouds: karena penggunaan handphone berbasis iOS.

Saya tidak menggunakan ponsel tersebut secara bersamaan tentu saja. Tetapi karena berjalannya waktu, saya mengganti handphone tersebut dengan OS lain. Dan ada satu prinsip yang saya gunakan, yaitu jika kita menggunakan Windows Phone misalnya maka sebaiknya kita juga menggunakan apps yang paling dekat dengan dia (OneDrive).

Awalnya dropbox memiliki fitur “Carousel” yang menurut saya lumayan menarik. Tetapi belakangan google memiliki fitur “Google Photo” yang jauh lebih menarik. Sehingga sekarang dropbox carousel sudah tidak diperpanjang lagi beberapa saat ini. Ini membuat saya berpikir, jangan-jangan memang penyimpanan photo menggunakan dropbox sudah tidak menarik lagi. Untuk menggunakan iCloud di Windows agak sulit. Sync nya berbeda dengan yang lain. Jadi modelnya ada directory download dan upload. Dan kita harus click service tersebut. Dan malah bisa jadi double photo-photonya. Masih gelap dan males nih untuk mempelajarinya.

Saatnya saya memindahkannya semua photo tersebut ke 1 Cloud. Kemungkinan besar adalah google drive, dan / atau iCloud. Agak sayang juga kalau ingat saya sudah berlangganan di dropbox dan di icloud, tetapi tidak dimanfaatkan.

About the author

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Add Comment

By Mico Wendy

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Get in touch