Pomodoro Technique

P

Belakangan ini saya mencoba menggunakan salah satu teknik managemen waktu / task dengan pomodoro technique. Pomodoro sendiri dikembangkan oleh Fancesco Cirillo pada akhir 1980. Alat yang digunakan seperti timer biasa saja. Kalau dari contoh yang ada itu menggunakan tomat yang bisa diputer, untuk menentukan timer berapa lamanya.

1436983589_thumb.jpeg

Konsepnya selama waktu tertentu (25 menit biasanya) kita harus fokus di satu pekerjaan. Dan setelahnya kita istirahat 5 menit, lalu mulai lagi paket berikutnya (25 menit lagi). Dan seterusnya.
Ternyata setelah saya coba, model ini cukup cocok buat saya. Saya suka kebiasaan melakukan hal yang paralel dan dapat mudah sekali terganggu. Ternyata dengan metode ini dapat cukup memaksa saya untuk tetap fokus. Saat ini masih dalam proses. Walau dalam prakteknya saya menggunakan apps bukan menggunakan tomat fisik seperti di foto atas.

Kalau dari metodenya, bisa mirip dengan Agile Metodologi yang biasa digunakan programmer untuk time boxing. Kita menentukan apa yang bisa kita kerjakan dalam waktu tertentu.

Untuk informasi lanjut bisa lihat:

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Pomodoro_Technique
  • http://pomodorotechnique.com

About the author

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Add Comment

By Mico Wendy

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Get in touch