WisataLokal – Aplikasi Informasi Pariwisata Indonesia

W

Setelah beberapa bulan, akhirnya kami mengupload versi awal dari aplikasi “WisataLokal” versi WindowsPhone dan versi Android. Aplikasi WisataLokal adalah aplikasi yang menyediakan informasi mengenai pariwisata lokal (Indonesia) dari Sabang sampai Merauke. Saat ini baru pulau Jawa yang dicakup. Itupun sudah > 1500 titik POI (Point of Interest). Kenapa kami membuat aplikasi ini? Awalnya aplikasi ini dibuat karena kami melihat masih kurangnya informasi mengenai tempat wisata di Indonesia. Informasi biasanya banyak mengenai Bali/Lombok, raja ampat, Bunaken, Borobudur, Yogyakarta. Padahal masih banyak tempat lain yang menarik. Keinginan saya suatu hari nanti, orang di banyak lokasi di Indonesia akan ikut terbantukan dengan aplikasi ini dan ikut serta melengkapi dan memperbarui content aplikasi ini.

WisataLokal di Android & WP

 

Dari konsep awal, cukup banyak berubah. Hal-hal yang setelah dicoba ternyata kurang enak, kurang praktis. Dan sekarangpun masih terus berusaha mencari yang paling pas. Untung ini dikerjakan ama tim sendiri, kalau dengan tim development dari luar bisa jadi harus nego ulang. 😀

Dalam proses perancangan aplikasi dan pencarian konten, saya jadi mulai lebih belajar mengenai Indonesia. Semakin kagum dengan Indonesia, semakin merasakan bahwa Indonesia itu Bhinneka. Dan seharusnya Bhinneka itu indah. Dari berusaha mengisi informasi 1 kota, kebayang… kalau dibuat untuk negara tetangga kita (Singapore misalnya) selesai mengisi contentnya akan jauh lebih singkat. 🙂 Karenanya sangatlah tidak mungkin jika saya berharap dapat melengkapinya sendirian. Harus dengan teman-teman / user yang ikut membantu melengkapinya. Kita sebagai rakyat Indonesia harusnya bangga dan berusaha agar hal ini menjadi keunggulan bersaing kita.

Salah satu yang saya gunakan adalah buku pelajaran bekas anak saya:

Buku Pelajaran Peta

Ternyata pengetahuan saya akan geografi Indonesia agak kurang atau kurang sekali. Bisa dibilang kalah ama anak saya. Dulu saya ketika sekolah kurang sungguh-sungguh belajar. btw. Di buku ini masih 33 Propinsi, dan belakangan baru sadar bahwa saat ini Indonesia sudah menjadi 34 Propinsi per 2012.

rumah adat

Dalam prosesnya, saya membaca dan membeli beberapa buku. Sebagian tentang pariwisata Indonesia (seperti buku tentang Bandung, tentang Museum-museum, Bali/Lombok, Papua dan Raja Ampat, photography, trekking, dsb). Salah satunya buku di atas, Bukunya judulnya infographics Indonesia dari Gramedia Kompas. Tapi menurut saya lebih tepat buku mengenai budaya / arsitektur Indonesia. Menarik sekali.

Dalam pengisian data sebagai user, saya juga jalan-jalan seputar kota Bandung. 🙂 Salah satunya ke Museum Geologi yang ada di dekat Gedung Sate Bandung. Bagus! Wajib dah kalau buat yang ke Bandung atau anak-anak Bandung.

Trex di Museum Geologi Bandung

Untuk mengunduh WisataLokal versi android bisa di: WisataLokal-Android. Sedangkan versi WindowsPhone bisa di: WisataLokal-WP. Kedua aplikasi tersebut gratis.

Buat teman-teman yang download dan mencobanya, minta masukannya ya. Juga jangan lupa kasih rating+review di storenya. 🙂

About the author

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

By Mico Wendy

Mico Wendy

Saya suka membaca buku, mencoba hal baru, berpetualang.

Get in touch