Data Penyelesaian Kasus Terpusat

D

Manusia itu kadang melupakan sesuatu dengan berjalannya waktu. Dengan berjalannya waktu, patah hati, dikecewakan orang, kekalahan akan dilupakan. Yang mana bagus seperti Master Shifu bilang “Yesterday is history, tomorrow is a mystery, today is gift that’s why it’s called ‘present‘”.

Tetapi untuk banyak kasus yang terjadi di negara kita, kita perlu ada kontrol. Misalnya ada 1 kasus korupsi yang heboh, atau ada kasus pembunuhan yang sadis. Setelah kasusnya solved atau tidak, dengan berjalannya waktu. Kita sering melupakannya. Dengan mencari di portal-portal berita di Indonesia juga sulit. Bisa, tetapi sulit dan mungkin juga hilang. Kita harus mengikuti berita terkait, portal yang sudah tidak beroperasi, atau isi berita yang dihapus atau diganti.

Bagaimana jika ada 1 portal, yang berbasiskan komunitas. Yang mencatat jika ada kejadian, lalu jika ada progress dari kejadian tersebut, yang dilanjut dengan info-info seputar kejadian tersebut. Info yang dicatat berupa aktor, peristiwa, dan link ke berita sumbernya. Jika perlu sistem tersebut dapat otomatis meng-grab situs yang dirujuk, sehingga jika terdapat pergantian ataupun penghapusan dari situs sumber, maka masih ada dokumentasi.

Jika sistem ini berjalan, maka selain masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam mengawasi. Juga dapat membantu pemerintah dalam melakukan track record kemajuan yang dicapai.

Kita bisa tahu dengan jelas, berapa banyak kasus yang terselesaikan, apakah kelihatannya adil? Bagaimana dengan janji-janji dari pejabat yang sudah diucapkan? Malah bisa membantu memberikan masukan bagi polisi, jaksa, ataupun politisi dalam membangun negara tercinta ini.

 

About the author

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

By mico wendy

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Get in touch