Peta di Ipad

P

Salah satu teknologi yang bagus saat ini, yang pada jaman batu kita sulit adalah adanya peta digital di device. Sebelumnya kita masih menggunakan peta versi buku (apa peta buku bakal tetap survive?). Kalau kita perlu cari jalan, kita akan buka index (tentunya dengan peta yang tepat, misalnya cari peta Jakarta, jangan buka peta Bandung.. banyak nama jalan yang sama). Lalu lihat kode halamannya, dan setelah itu lihat koordinat (mirip papan catur).

Dengan adanya beberapa satelit GPS di kepala kita (24 satelit) dan google, kita diuntungkan dengan adanya peta digital.

Nah, salah satu fungsi yang menurut saya berguna adalah, menggunakan peta digital di Ipad. Terutama karena ukurannya besar. tapi bukan cuma itu saja. keuntungan lain dibandingkan iphone adalah, bisa di lock supaya layar ipad tersebut tidak ikut ber-rotate ketika kita memutar-mutar ipad. Di iph0ne, hal ini sangat menyebalkan (ralat: sangat-sangat menyebalkan).

Nah, untuk kebutuhan offline map, peta yang bisa dibuka secara offline ketika tidak ada koneksi internet. Saya menggunakan offmaps (beli 1 aplikasi, dapat untuk iphone dan ipad). Ngga lucu kan, ketika kita ke luar negeri, gara-gara takut internet mahal… kita kesulitan lihat peta. Padahal di luar negeri atau luar daerah, kita lebih butuh peta dibandingkan dengan di negara sendiri. Lalu sering juga, ketika nyetir mobil, terus kita mencari suatu jalan… eh… di daerah tersebut internetnya jelek. Kalau berhenti di tengah jalan (Jakarta), bisa ditangkep polisi atau diklakson oleh mobil di belakang. Padahal sekali salah jalan, muternya bisa jauh dan lama.

Offmaps salah satu yang boleh dipertimbangkan. Ada versi peta gratisnya (kalau tidak salah 3), tapi kalau kita mau banyak peta dan titik kita perlu beli (bisa beli satuan, atau beli sekaligus). Kekurangan offmaps adalah petanya sedikit jadul (jaman dulu), ada beberapa jalan yang tidak ada di peta (sebel juga jalan kantor aku tidak ada di peta!!!).

7
6

ps. blog ini hasil pindahan dari blog saya di: http://blogs.konsep.net/micowendy/2010/peta-di-ipad/

About the author

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

By mico wendy

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Get in touch