kekurangan nokia E71

k

Ini review kekurangannya:

Nokia-E71-Black-248x300_1
  1. Handphone cukup panas, kalau digunakan menjadi modem atau GPS mode on. lebih panas dari HP nokia lain spt 6680 dan N70 yang saya gunakan juga sebagai modem.
  2. Aplikasi GPS yang ada. Kadang problem untuk start awal. Ini ada kemungkinan juga karena saya menggunakan telkomsel Flash di hp nya. Biasanya, saya turn off GPS, terus turn on GPS baru jalan normal.
  3. Phone book sudah ada fasilitas “first name –> last name”. tapi herannya. di receive call track nya tidak seperti ini. Jadi seperti tidak nyambung kedua aplikasi ini.
  4. Phone book juga lambat dan kurang cocok kalau dipakai untuk menyimpan informasi yang cukup lengkap. Alhasil saya tetap menggunakan Palm TX saya sebagai tools alamat.
  5. Agenda juga kurang enak, terutama problem kalau kita mau bikin janji, mengapit jam 12. misalnya jam 11 siang sampai jam 13 siang. ini kadang2 harus diakalin dulu baru bisa. 🙁   kalau tidak salah bagian editnya.
  6. Receive phone call nya juga masih bermasalah, ngga seperti hp nokia sebelumnya. Ini ngga kenal: 081-12050… = +628112050… padahal 2 nomor itu sama. tapi dianggap oleh aplikasi nokia e71, 2 hal ini berbeda.
  7. Aplikasi excel nya. agak susah digunakan. 🙁

Semoga bisa cepat ada update utk aplikasi / problem di atas.

Tapi, so far, saya masih suka dengan E71.

  1. bentuk fisiknya saya suka. saya senang dengan bentuk tipis.
  2. dipakai browsing juga enak. baik web browser bawaannya, atau saya gunakan opera mini (tergantung kebutuhan).
  3. dan cukup mudah menggunakan bluetoothnya. sehingga jadi alternatif saya utk internet.

ada rekan-rekan yang punya pengalaman serupa?

Tulisan ini saya ambil dari blog saya : http://blogs.konsep.net/micowendy/2008/kekurangan-nokia-e71/

About the author

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

171 Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • ada tambahan error lagi nih (bug mungkin).
    aku udah beberapa kali. pas hang dan harus cabut batere. tanggalnya mundur 1 hari.
    kejadian ini udah 3x an…

  • kok saya ga ngalamin gt ya, cm kameranya yg jelek. hasil jepretan agak keungu2an apalagi indoor kurang cahaya.

  • Waduh, banyak bug-nya ya? Saya barusan beli sekitar sebulan yl. Hari ini tiba2 phonebook gak bisa dibuka. Kenapa ya? Kalau mungkin ada solusinya, tolong share ya. Saya agak ragu untuk membawanya ke Nokia Care, dari Googling kok banyak pengalaman buruk setelah diperbaiki di NCC. Sebisa mungkin kalo ada solusi yang bisa dikerjakan sendiri…gimana ya?

    Phonebook gak bisa dibuka via tombol lambang phonebook, dan gak bisa juga dari Menu – Communication – Contacts.

  • aNdRa,
    ngga jadi jelek sih. kalau total nilai walaupun ini ada kekurangannya. menurut aku 8.5 dari 10.
    aku puas pakainya…

    salam,

  • Ralat: tadi sudah bisa lagi phonebook-nya. Ternyata ada conflict ama Windows Live. Aku uninstall Windows Live-nya, udah beres lagi phonebook-ku. Iya nih ngga jadi bilang jelek…bagus bagus dan bagus… heheheh… thanks.

  • Saya justru mengalami kejadian yg tidak menyenangkan sekali dengan E71 ini. Baru 2 hari saya beli e71 sudah menemukan 2 kekurangan pada e71. Bayangin 2 hari !!! kebayang ga sih gmn kuesel nya saya !! Mana tuh barang saya beli pas harganya 5,25juta pula !!.key..cooling down key…Yup,pertama..baru saya bayar cash, tdnya normal kmdn saat mencoba buka2 menu tiba2 tombol gulirnya hang, ga bergerak tidak bisa back or maju ke menu lain dan itu lamaaa bgt. Saya balik ke tokonya trus solusi ganti e71 yg lain. Kedua..besoknya saya coba buka kamera, tdnya kamera kondisi normal tiba2 saat itu layar kamera bercampur warna ijo pd bagian tepi layarnya, hasil jepretan pun nampak campuran warna ijo itu…ooh my good ada apalagi ini…Kayaknya tidak ada kompromi lagi saya putuskan untuk mengembalikan e71 dan meminta uang saya kembali !!!

  • Sbagai tambahan kekurangan e71 (Kondisi e71 baru, segel, buka bungkus) :
    1. Hang dan harus di lepas batere n memori card nya. (Hari pertama stlh membeli)
    2. Jika ingin membuka/menggunakan menu quickoffice-presentasi, maka tidak akan terbuka jika tersetting dalam bahasa indonesia dan baru bisa digunakan jika settingan dlm bhs inggris .(Hari I membeli-sekarang)
    3. Tanggal-an pada e71 sering tidak cocok pada waktunya. Misal : tanggal tidak mau berubah otomatis sesuai yg semestinya, ini saya alami sejak hari pertama membeli e71 shg harus mengganti tanggal secara manual setiap harinya (aneh !!!)
    4. Layar pada saat kamera ON terlihat warna hijau pada tepi layar kamera dan tetap nampak pada hasil jepretan (Hari ke 2 setelah membeli, dan ini ternyata diakui sebagian besar konsumen yg membeli tipe serupa)

  • kekurangan di E 71:
    layar kamera nya ada warna hijau di tepi nya jika digunkan didalam ruangan gelap/ kurang cahaya…duh… gimana yach solusinya???

  • punya gw lbh parah…
    lagu yg di memory card tiba-tiba aja hilang smua. tp gw cek memory used gak berubah. ancur deh,pdhl baru pake 1 minggu.
    what should i do????????

  • wah,,, kayaknya yang pake e71 kekurangannya hampir sama semua,, aku juga peke e71 n kalo di pake buka sms n phone book kadang hang !!!
    palagi kameranya ternyata masih bagysan n73 jauuuuh,,, huh nyesel bangeeet!!!

  • Duh malang bener nasib gua. baru beli HP Nokia E71 imut nan nyentrik ini januari akhir, sekarang udah ada problem. padahal belinya di nokia resmi bimasaksti. masa tiba-tiba HP gua itu mati total ga bisa dinyalain sama sekali. trus gua bawa deh ke nokia care. trus katanya mesti format n upgrade software (Bt banget karena mesti ilang semua data penting). pas dinyaain sih oke. trus balik ke rumah gua charge, eh entah kenapa koq charger gua lebih panas dari biasanya. pagi harinya gua bangun n bawa ke kantor. pas di kantor ternyata batrenya udah drop. gua balik lagi ke nokia care trus teknisinya dengan enteng nya nyaranin format memory card atau ga ditingga aja n dibawa ke kantor pusat. minimum katanya 2 minggu (gua yakin sih lebih dari itu). akhirnya gua bilang sama teknisi nya untuk tukeran batere aja, barangkali aja masalah ada di batere. dan di nyetujuin. sekarang ga tau deh. mudah-mudahan sih ga ada masalah deh. males banget kan kalo baru belii 1 bulan lebih trus mesti diservis.mudah-mudahan bisa jadi info buat yang laen deh….

  • Wah.. Separah itu ya??
    Padahal besok pengen beli..
    Jadi mikir2 lagi nih..

    Pingin e55 tapi kelamaan nunggunya.
    Apa n79 aja kali ya??

  • ada lg kelemahan nya e71……..sms nya sering hilang setelah di baca…..ini terjadi setelah sy mencabut kartu memory….

  • gw udah make e71 sejak sebelum lebaran, sampe sekarang. enggak ada masalah, puas banget. kebetulan gw juga udah update firmwarenya/softwarenya 2 kali, dan yang terakhir, kalau kita mau nyari contact, tinggal ketik aja dari posisi awal, langsung nyari nama yang sesuai. games & softwarenya juga lumayan banyak source di internet. handphone ini juga bisa difungsikan sebagai blackberry, dengan menggunakan aplikasi nokia email, ditambah internet unlimited seperti telkomselflash, dan bisa diatur kapan aja email2nya di-push, apakah setiap saat seperti BB, atau beberapa jam sekali, dan termasuk harinya. intinya puas banget make nokia e71.

  • wa jadi binggung deh,wa baru mau bli e71 tapi liat kekurangan nya banyak banget,apalagi hang,nokia ud terkenal akan hangnya n sering banget.pusing wa jadinya,sebenarnya bagusan bli BB ato e71 ya??

  • pngalaman aq sama ma andra nih..
    padahal aq uda ga punya windows live lagi,soalnya abis format memory..
    emg sbelumnya abis kemasukan virus gt..
    jadi kalo memory cardnya nancep tuz hpnya dinyalain, phonebooknya g bisa buka..
    tp kalo memcardnya dicopot br bisa lagi..
    apa ni emng memcardku kmsukan virus lagi ato gmn nih?
    -mohon bantuannya yahhh,asap TT –

  • Ini hasil pengamatan gw ttg E71 yang dah gw pake satu bulanan ini
    Yang paling jelek dari hape ini hmpr sama kyk nokia2 jenis lainnya yaitu kamera terutama indoor sih walaupun udah memiliki resolusi yang cukup tinggi.Msh kalah jauh dr SE K800i.Ada visual warna Ijo disisi kirinya.
    Panas waktu dipake itu bkn hal aneh nurut gw sih.Tp karena E71 pada chasing memakai material yang mengandung alumunium memungkinkan panas yang kita rasakan menjadi berlebihan bgtz.Itu menjadikannya ga nyaman bwt qta.
    Aplikasi GPS nya parah bgtz. Positioning msh suka salah. Lama bgtz hrs nunggu sampe 25-35 mnt untuk ngedapetin posisi yg bnr dng tgkt akurasi 1-3.5 m. Ga fatal sih bg user yg cuma gunain GPS bwt cr alamat doank bkn untuk kepantingan survey. Truz Nokia MAP cm memetakan kota2 besar di daerah Jawa seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya.Yang lain ke laut……..He…he…he…Seandainya GPS nya bisa menggunakan aplikasi Google MAP. Sangat disayangkan OS Symbian ga sebanding dengan Windows Mobile yg diusung hape BB storm.
    Bg yang suka menggunakan Telkomsel Flash kyknya hrs sdkt bersabar…..
    E71 sangat mengagumkan bila browsing n chatting tanpa menggunakan fasilitas hemat kebanggaan Telkomsel tsb.
    Klo masalah pada office, phonebook, n messeging gw rasa itu cm kesalahan pada settingnya doank. Sebaiknya teman2 hrs baca buku petunjuknya dngn seksama dan sering maen ke Nokia centre degh. Mslhnya bedah Hape bisa butuh konsentrasi 3-7 hari penuh agar dapat memaksimalkan hape mahal yang udah terlanjur loe2 beli.Serta jangan lupa untuk selalu updating aplikasi2nya guyz.
    Gw sendiri pribadi msh bloon ma nih Hape……
    Tp secara keselurah gw puas sih.Gw beli ni Hape mank bkn untuk travelling, gaming, n office activity. Tujuan gw pake dr ni hape untuk internetan n GPS. Coz yg nyediain kedua fasilitas td cuma bbrp jenis smartphone n PDA. Dan E71 yg paling ekonomis coz yg lainnya dikisaran 7jt-an.MAHAL……

  • Penglmn gw make E71 sejak nov 08 mmg pernah hang,, adobe reader g mw open memcard kadang gak kebaca tp stlh hard reset,, samp skg aman2 aja tuh,, banyak aplikasi pihak III yg bs di install di E71 push emailx oke bgt,, ttp setia sm E71 solusi hemat u smartphone.

  • jdi kesimpulannya, warna ijo disisi kiri layar waktu bka kamera tu giman cara ngilaninnya Wis??

  • duh,gw bru beli e71 dah 2 hari pke.. tp ternyta pas hari ke2 hp gw nghang…
    tombol menu nya gak bsa diap2in,tp pas gw matiin bisa lg..

    kira2 ad yg tau ga solusi nya?
    tolong bantu dunk cz gw mlz bgt klo hrs ke nokia care nya..

  • nokia e71 menurut gw, bagus koq. Selain harganya terjangkau fasilitasx juga oke banget. Tdk pernah ngalami yg namanya hang dsb tergantung setting dan tau cara pakenya. 1 kelemahan, penggunaan kamera saat cahaya kurang.

  • gw udah pake e71 selama 2 mingguan lbh, ini hp impian gw,gw tungguin ampe harganya 3,8 jt baru bs kebeli.hehe..,so far seh lum ada masalah seh.(moga2) gak ada deh. Dulunya gw pake O2, atom life, ama O2 xda II i, ampun tuh dua produk tadi, sering hang….setiap angkat telpon pasti restart. Semua pasti bete abis kalo kyk gt, gimana kalo itu telepon dr doi ato bos, bisa celaka.hehe,udah tuh rakus baterai,2 x sehari minta charge(udah kyk minum obat aja).pdhal pemakaian normal….(buat sms,terima tlpn paling2 malam aja,itupun 20 menitan)padahal masih baru lho tuh hp… Moga aja gak ada mslah yg kurang mengenakan lg di e71 gw

  • @ Pak Benny
    boleh coba tau firm version nya ? dengan cara *#0000# , pengen tau firmware seri bapak karena kelihatannya ok2 aja tuch , thanks B4.

  • Dear all.. aku baru beli E71 seminggu yang lalu.. keselnya… batre baru dipakai satu hari langsung Drop.. Mending klo batunya tinggal 3, 4, atau 2. ini masih dalam keadaan FULL..tiba2 DROP. solusi????

    Aku tinggal di Dumai Riau, tidak ada NCC disini, dan harus ke pekanbaru yang menempuh waktu 5 jam, hanya untuk mendapatkan pergantian batre?? Oh No…

  • Msa’ siy e71 sparah itu,. .
    W jdi mkir2 lg niy maw gnti tuh hp, . .
    Ma 5800 bguz mna yach tmend2, . .
    Pliz..W need solution dr kalian swma, . .

  • dear all…
    ngga usah takut kok ama nokia e71 ini. aku tulis kekurangannya. tapi kelebihannya jauh lebih banyak. ini hp termasuk hp yang paling bagus yang aku rasa best buy.
    bener2 bagus. setiap hari aku pake jadi modem juga (buat akses internet). aku pake buat check saham. pake buat cari info di wikipedia. sering aku pake map nya (dari bali, singapore juga jalan dengan bagus). top bangeut sebetulnya.

    Eska: mengenai batere. jangan kuatir. itu bisa aja gara2 ada program background yang consume batere yang jalan terus. terutama kalau dipake internet+koneksi ke komputer pake bluetooth. kadang2 kalau ketinggalan di background tanpa kita sadari, itu consume batere sekali loh.

  • gw mw nnya dunn., e 71 bisa download msn atoo game” gag c.? tyuss cara gunain map’na gimna c.?
    Gw pnya faebook kog., atoo gag hotmail., tolongg kbarinn gw scepet’na yaa.. Thx.

  • msn udah dikasih di standardnya, game juga bisa download. banyak kok yang bisa dicari di getjar.com. ada juga di ovi.com. kalau facebooknya bagusan yang blackberry. yang di nokia, masih kurang bagus.

  • Saya sudah hampir 2 bulan memakai e71, sejauh ini g ada masalah. semua fungsi berjalan dengan baik. cuma memang kita harus belajar untuk mengoptimalkan hape canggih ini. beda dengan BB yg tinggal pake aja (instant). yg paling saya suka sama hape ini adalah kapasitas baterenya yg setara dengan e90. yg paling saya ga suka keypadnya agak kecil buat ngetik.

  • Saya sudah hampir 2 bulan memakai e71, sejauh ini g ada masalah. semua fungsi berjalan dengan baik. cuma memang kita harus belajar untuk mengoptimalkan hape canggih ini. beda dengan BB yg tinggal pake aja (instant). yg paling saya suka sama hape ini adalah kapasitas baterenya yg setara dengan e90. yg paling saya ga suka keypadnya agak kecil buat ngetik.

    http://dianhadiyansyah.wordpress.com

  • quote dari diah :
    “duh,gw bru beli e71 dah 2 hari pke.. tp ternyta pas hari ke2 hp gw nghang…
    tombol menu nya gak bsa diap2in,tp pas gw matiin bisa lg..

    kira2 ad yg tau ga solusi nya?
    tolong bantu dunk cz gw mlz bgt klo hrs ke nokia care nya..”

    end of quote.

    Ini merupakan hal yang sering ditemui (setidaknya di E71 milik saya dan beberapa orang di forum nokia). Setelah digunakan beberapa waktu, ketika kita pencet tombol menu kiri atas (ingat, tombol paling kiri atas,bukan tombol menu shortcut sebelah kiri calendar), menu pagenya tidak mau muncul. Menu baru mau muncul lagi setelah HP direstart (matiin trus nyalain lg). Ini merupakan bug bahkan sejak nokia E51 (kata orang di forum nokia). Ini bug yang tidak diakui nokia (kata orang di forum nokia lagi).

    Cara ngakalin (kenapa diakalin soalnya emang blom ada fix yg resmi dari nokia, krn nokia sendiri blom mengakui bug ini CMIIW) : ubah shortcut di tombol kiri atas dengan menu apapun SELAIN MENU (misal: ganti dengan Gallery / Camera / apapun SELAIN MENU ). Lebih jelasnya bisa baca di http://theagussantoso.blogspot.com/2009/06/resolve-nokia-e71-top-left-menu-button.html

    Semoga membantu.

  • plisssss…
    bantuin aku yaaa
    foto2 sama lagu2 di E71 ibuku tiba2 ngilang entah kemana gituu !!!
    ada yang tau solusinya ngaaa ?
    i need your help !
    thanks

  • aku baru beli e71, apa perlu langsung di update softwarenya ya?
    tolong dibantu ya.. thx

  • saya pake E71 aman2 saja kok. camera jg lumayan bagus.
    kalo dipake buat modem memang panas dan batere langsung drop dg cepat.

    saran buat rekan2 semua…. biasanya counter si penjual hape ngasih
    bonus software banyak, langsung diinstall pas kita beli
    berhubung saya pngalaman dg S60 symbian, waktu beli saya gak mau dinstall
    macam2, cm kalo mau kasih installernya ok.

    buat yang udah lambat, coba backup semua data, kopi mcard ke komputer,
    trus di-reset aja ke factory setting (semua data dan aplikasi akan hilang)

    *#7370#

    setelah itu format mcard, kopikan lagi data2 ke mcard dari komputer

    data-data lagu, dokumen office gak masalah. yg jadi masalah adl software2
    yg terlalu banyak, mirip Win* yang jd lemot kalo kebanyakan program

    good luck.

    alhamdulillah E71 saya masih baik2 saja dan tdk prnah ada masalah
    satu2nya masalah adl batere yg cepet habis klo buat ngenet mlulu..hehehehe

    🙂

  • Saya pake E71 udah beberapa bulan, cm kok akhir2 ini stiap sy mencharger kok chargernya panas bgt yah ! trus batrenya cpt berkurang (cm bertahan 2 hr standby). apa ini ada masalah sm chargernya apa batrenya ! soalnya sblm2nya sih baik2 aja normal.
    ada yg tau penyebabnya dan apa solusinya ! trus jika sy mengganti batre kira2 brp yah hrgnya di tempat resminya !

    thanks

  • e71 saya kok tiba2 tidak bisa buka menu, padahal fungsi2 laennya berjalan dengan baik, ketika saya restart ato saya matiin, trus nyalain lg, menunya kembali normal, tetapi beberapa jem kemudian dia kumat lg, ada yg tau knp ga?

  • ada yang tau fungsi firmware tak..?? fungsi firmware banyak sekali, untuk memperbaiki sorware yang sering hang,ketahanan virus tp tidak semua virus bisa ketahan..

    trus cara updatenya gmn tuh…?? cara update nya ,adalah datang saja ke nokia care lalau minta update up ana,dengan biyaya gratis apa bila hp anada masih garansi..
    atau buka di

    http://www.sentraponsel.com/sp1/index.php?option=com_content&task=view&id=298&Itemid=167

    atau dengan cara
    buka
    http://www.sentraponsel.com
    pilih info lainnya
    lalu pilih
    nokia sofware update
    SEMOGA MEMBANTU

  • andreon 12 Jun 2009 at 9:53 am

    e71 saya kok tiba2 tidak bisa buka menu, padahal fungsi2 laennya berjalan dengan baik, ketika saya restart ato saya matiin, trus nyalain lg, menunya kembali normal, tetapi beberapa jem kemudian dia kumat lg, ada yg tau knp ga?

    PAK ANDRE sudah lama atau baru membeli hp tersebut??
    bila sudah lama kemungkinan ada virus didalamnya
    mengatasinya
    1.format hp anda (bukan format memorynya)
    2.hapus aplikasi yang tidak penting bagi anda
    3.jangan kebanyakan aplikasi

  • gmna Applikasi office yg bgus Buat E 71..Trus Bs Yahoo.Messenger Gak…? Trus Internet Yg Murah Itu Pake Ap..? Tolong di bantu Bg Yg Tahu..Soalnya Aq Bru Beli 1 Minggu Nihh…Thanks..

  • Aq sekarang pake bb curve 8320 mau ganti ke E71. kira-kira lebih bagus mana yah??? jika dilihat kesemua fitur dan kelebihan dan kekurangannya. karena dulu ak pake atom life krn batere sering habis sm susah sms waktu nyupir akhirnya ganti ke bb. trus sekarang liat e71 kayaknya bagus tapi dari review temen2 diatas kok banyak masalah. jadi kira2 worthed ga yah ganti dr bb ke e71

  • Baru 4 bln pake nokia E71…banyak banget masalahnya. Pertama,sms yg ada di inbox…mendadak hilang. Trus, 2 hr yl…foto2 yg ada di Gallery juga lenyap tanpa jejak. N now skr, menu contacts ga bs dibuka. Pls…help me! Yg pny solusi…ksh tau donk! Krn aku kapok bawa ke NCC. Aku dah coba factory setting, copot batere n card tp tetep ada menu contacts ga kebuka n foto2 yg muncul. Thx…all

  • punya saya fine2 aja neh coba install anti virus dulu sebelum menjelajahan internet

  • apa saja merk HP dipake modem pasti panas…yang bilang tidak itu bohong belaka….

  • mo sharing jg gw dah pake e71 dah hampir 2 blnan, belum pernah nemuin hang di menu (tombol kiri) seperti yang disebutkan diatas. yang gw temuin adalah waktu klik image di gallery layar blank… tidak terjadi apa2… gw harus exit dulu baru klik image lagi baru mau kebuka tapi banyak foto yang hilang. ternyata foto di memory card tiba2 ga kedetect di phone… gw coba foto sesuatu dan disimpan di memory card, ini pun ga ada di gallery…setelah memory card gw cek pake card reader, ternyata foto2nya sebenernya masih ada… dan setelah gw coba scan, ternyata memori kena virus…setelah virusnya dihilangkan pakai antivirus pun masih ga kedetect di phone imagenya…dan setelah gw format ulang memorinya baru beres…
    Tapiii…. mungkin ada yang bisa bantu , kalau klik2 thumbnail di image kok layar nokia gw kedutan ya… blink2 gitu di bagian tiap2 thumbnail…. ada yang bisa bantu kah? apakah gw harus hard reset jg ni phonenya?

  • aq Da Pake E71 selama 1 bulan…

    tapi da banyak banget masalah..pertama PhOne book gak bisa di buka, terus tiba2

    mati sendiri…..n uda q bawa ke NCC 2 kali itupun uda diformat terus….

    sampe2 data2 q ilang semua…

    sekarang malah kamera gak bz di buka…

    terus gMn dunk……..!!!!

    hp suruh di tinggal…
    ya nti q pake ap?///

    Please help Me…………………!!!!!!!

  • hei aku jg baru beli E71 5hari udah ada masalah ma tombol menu yg ga bisa d buka,gambar di image kedutan jg,kalau matiin hp tiba” ada garis di layar kyak ciri” hp ngehang gtu,trus pas di nyalain lg nyala nya ga lgsg seperti hp layaknya baru beli ini malah munculnya segaris-segaris seperti hp yang sudah ngehang..
    Aahh BT,,masa hp baru mahal pula udah beginii ???

  • E71 parah bnget kameranya,,, gila 3,2MP kaya gini???? syok aku… rekaman video delay trus,, gambar video daah nyampe mana??? audio/suaranya masih di mana??…
    coba ngerekam pake e71 punya temen.. sama jg punya dia delay… parah bnget dah kamera and video rec nya……

  • wadowh…jd bingung juga nih.. baru aja mau beli e 71..bebas aja siii yah,,namanya juga opini orang.tp jadi bingung nih.. mendingan e63 apa e71 ajah??

  • nemu juga problem nokia n71 setelah search, mau sharing juga, baru beli nokia e71 2 minggu. Awalnya gak masalah, tapi sekarang sering restart sendiri, saya tadinya takut kena virus, jadi search ttg e71 sering restart, sdh scan dgn f-secure ggak masalah. Kalau main game racing suka hang, dgn gejala kalau udah ndut ndutan pada gambar. Kalau udah hang, tombol power gak fungsi, terpaksa buka bateray. Punya solusi ggak yah, apa aplikasi yg saya pasang terlalu banyak sehingga bisa menjadi masalah restart atau hang. Thank buat pencerahannya

  • mo tanya juga nih…kalo liat di log phone suka muncul connect internetnya..padahal lagi ga connect juga ato hp mati…auto reload ma auto update jg dalam keadaan off…kenapa ya…kena virus gitu????thanks ya

  • Mau nambahain juga dah…..
    Gw punya E71 dari April 2009….Selama ini dipake aplikasi yg umum2 ga ada masalah yg berarti. Kalo HP hang dan restart sendiri udah 3-4 kali ngalamin. 2 kali hang yg sampe harus cabut battrey.

    Oh ya firmwarenya masih yg v200. Kepingin upgrade ke v300, tp takut malah lebih bermasalah.

    Yg pasti mau install aplikasi ato game rada ribet karena kadang sign aplikasinya ga berhasil. (Ga mau pake cara hack dgn prog Hallox, tp pake signer ama certi aja).

    Pernah kejadian, lagu yg udah diinstall di memory, ga kedeteksi sama prog Jukebox. Terakhir malah Jukeboxnya ga bisa puter lagunya sama sekali, pdhl file lagunya ada kalo di liat pake x-plore. Akhirnya malah Jukebox nya harus di uninstall krn ga bisa jalan sama sekali.

    FW 200 kayaknya ada bugs juga sih kayaknya, kalo pake mode search utk liat contact, ada tampilan angka2 yg ga dikenal. Pernah mau kirim sms, recepientnya bisa keluar contact address yg dulu pernah ada di contact tp sudah di delete (aneh banget nih)…….

    Intinya, semua smartphone gw rasa pasti ada aja bugsnya. Semakin canggih fiturnya, semakin byk aplikasi yg kt install, biasanya akan semakin byk bugs nya.

    Tp at the end….gw masih seneng nih otak atik ini HP,biar kadang2 bikin keqi….(sembari nunggu E72 keluar deh, huahahahaha……..)

  • gw dah pake E71 emang sih kelemahannya sama semua, tp yah lumayan buat mejeng nih hp emang secara fashionable bener2 lg dipuncak, 5800 jg keren tp sering bermasalah discreen atas n terkadang suka load lama.
    hmmm sekarang gw lg mengidam2 idamkan E75…
    hmmm makin BANGKRUUUT AJA NEEEH

  • Saya udah 5 bulan pake EJI..
    Tidak pernah ada masalah apa2..
    Tapi seminggu terakhir ini setiap ada CALL masuk, ringtone-nya lirih skali dan suaranya terdengar seperti pita kaset yang rusak..

    Herannya, kalau untuk SMS masuk, alarm, ataupun dengerin MP3 masih oke banget..
    Padahal source (speaker)nya sama..

    Sudah saya cek, tidak ada masalah pada profile, ataupun lagu yang dijadikan ringtone itu sendiri,,,

    Kenapa ya?

  • alhamdulilah sih aku pake e71 nyaman nyaman aja..
    blm ada eror berarti..
    hanya kadang kalo panas dy suka mati..
    tapi so far.. sante aja.. tetep lancar..

  • huuaa,,knp E63 klo d pke internetan suka ngrestart sndiri??kn jadi terganggu…knp ini??knp??apa yg slah??apa emg dri hapenya apa karna baterenya yg perlu g ganti??tpi aq uda gnti batere tpi te2p aja suka ngrestart sndri..tlong dong informasinya..yahh??bantuin ya??

    PS: ngrestart sendiri klo d ppke internetan aja,,klo d buat aplikasi ngga da mslh mpe saat ini..

    tlong bles k [email protected] ya…

  • wah mantap SE nya b arti aku dh 1 thn Pki P1i fine2 ajh foto wlw dlm ruangan msh tajam,trus browsing pki blackberry web cpt bgt,d instal nimbuzz jg jalan dengan lancar,mk nya g mau ganti,plg klo ada uang pengen coba javelin,tp syg lom 3G,hrg 4,4jt nihil 3G kyanya g sepadan deh,apalagi g ada service centere nya,ukkhh Nunggu SE ngeluarin Yg model BB ajh deh

  • woow ternyta E71 banyak masalah, tp alhamdullilah c gw bli e71 blm pernah ada masalah, cuma kekurangannya emang camera nya jelek pdhl udh 3.2 MP.

  • Kaka.. Aq mau nya dunk.. hp nokia E71 ad blackberry connectionnya gk?? Klo ad gimana cara downloadnya.. Makasi kaka seblumnya

  • Gue dah bli ne hp dri bulan julli
    hp gw tue tdi’y gak kenapa*…
    awal*y ada pemberitahuan memory pesan gw full.udah gw deletin smua pesen” gw.setelah ada 2 xmx ada tulisan gitu lagi,gw kesel bgt.eh,gag lama gw ngirim pesen di tertunda terus..lama” gagal..mpe sekarang gw gag bisa xmx’n udah 4 hari…padahal udah gue format ulang ne E71 gw berkali*..tpi tetep aja gag bisa ngirim xmx.bikin gue kesel n nyesel beli ne hp!!!!

  • Udah hampir 6 bln pake E71. Lumayan puas lah :D. kalo ngehang seh pernah jg,tp rata2 semua hp juga pernah lah, iphone,BB strom aja banyak kasus hang. Maklum masih bikinan manusia. ada satu yang kurang neh dr E71. Gak ada aplikasi khusus buat facebook,(lagi nungguin kapan ya ovi store keluarinnya). Terpaksa pake snaptu,walau g bs upload foto. So far puas, walau lagi lirik E72,kalo ada yg pernah make,tolong ceritaan kesan2nya .trims

  • Beny [vanwijaya], saya juga kadang2 pake snaptu utk facebook, kadang juga akses langsung pake browsernya (ke m.facebook.com). untuk upload foto, saya send via email (fasilitas facebook, kalau kita bisa send foto ke emailnya khusus, langsung masuk ke profile kita).

  • E71 gw problemnya, pas lagi nelp atau jalanin aplikasi yg agak lamaan dikit tiba2 berdenging n hp nya mati total. Baru keesokan harinya bisa dinyalain lagi dan itu terus berulang.
    Sebelumnya dah pernah di bawa ke NCC dan sfotwarenya di up grade. Tapi problem sepertinya gak ilang.

    Help me please ….

    kalo ngecheck firmware pake apaan yak, bisa bantu gw ???? please ………

  • mo nnya knapa yah msn di e71 gw gag mw connect lg? emg dlu kdg ssh connect tp sskrg bner2 gag bsa, HELP!

  • aku baru pke E71 2 hari tp tiba2 sms yang ada di inbox tba2 hlang, wlupun ndak semuanya sich..
    trus selalu muncul tlisan memory message full. kata org NCC itu krna vrus dan hrus di install ulang tp resiko data hilang. kira2 ada nggak solusi yang bs ngilangin vrus tp nggak harus install ulang. masalahnya malas bnget klo harus ngedit2 phone book lg..
    please..help me…

  • alhamdulillah E71 ku,ga ngalamin hal yg aneh2 seperti hang atau ada kerusakan lainnya,always fine,,mgkn trgantung cara pemakaianx ajha, E71 TOP BGT,,, gak sia2 beli HP nie,,,

  • gw dah 4 bulanan pake EJI blm nemuin masalah yang berarti. Kalo kasus hang or batere panas krn dipake jadi modem so pasti pernah lah tp cm 2x ampe skrg. Dulu nokiyem 6630 jg pernah ngalamin hal yg sm so mnrt gw no problemo.
    Yang paling menggangu ya kualitas kameranya itu lho. BENER-BENER JELEK. Kalo indoor hasil kameranya super ancur.
    Tp other than that OK banget. Puas banget kok pake EJI buat telp, sms, email, chatting & browsing.
    Kalo mau diganti pengennya ama BB Onyx

  • hp aqo e71 tp ni da mslah dgn olah pesanya tidak bisa dibuka.jka qta klik olah psan mnculnya sesaat ja?trus ilang lgi.ada yg tau ngk gmana cara perbaikinya??

  • aaahhh…saya sih belum pernah ada masalah sama sekali….
    so far so good…hehe
    belinya sambil berdoa yang baik2 makanya….hehehe

  • E71 punya saya aman-aman saja kok..
    cm kendalanya kadang-kadang ketika coba menjalankan aplikasi suka tiba2 swtich off gtu..
    kira-kira knp ya?

  • Ada yg pernah liat nokia e71 seharga 1,5 juta, kalo nggak disandingkan dgn yg asli (punyaku) aku yakin nggak akan bisa membedakan mana yg asli. Saya tdk tahu itu hp palsu atau gmn, yg jelas mirip puool. Merknya, dosboxnya, semuanya mirip. Jangan2 yg bermasalah2 itu adalah korban hp palsu. Sdh 3 minggu aku pake nokia e71, singkat kata sangat memuaskan. Koment ini jg kutulis dgn nokia e71 🙂

  • Mo minta tolong ma temen2 yang jarang ato yg nggak bermasalah ma eji / E71 firm warenya version brp? n solusinya tolong di bantu.
    makasih semuanya buat admin kasi kiat2 nya dunk kirim ke e-mail ya.

  • gw udah 2 minggu pake E71 n gw masih lom ngerasain ada masalah dgn hape gw,cuma untuk GPS nya gw masih bingung,knapa untuk wilayah sumatera ga bisa dpake.tolong solusi untuk instalasi google map untuk E71 gw donk supaya gw bisa pake peta dwilayah mana aja.krm by email n diforum ini ya.makasih

  • Dear Admin,

    aku udah coba download akses google map ke hp aku & hasil’y bisa,sekarang yg mw aku tanya apakah google map itu harus di update sewaktu2 n apakah setiap aku menggunakan aplikasi tersebut kita dikenakan biaya dr operator msg2 jrgn thanks

  • gw mo nanya nih..

    gw dah tanya ke nokia center dan temen2 gw pengguna e71 dpt jawaban yg sama, kalo pushmail nyala 24jam, terima email 5-7x sehari, pemakaian telp normal..durasi baterenya antara 1-1,5hr itu sisa 1-2 bar

    nah dlm kondisi itu kl kt ngecharge batere memakan waktu krg lbh 2 jam

    skarang pertanyaan gw..batere hp gw normal sm spt yg lain 1-1,5hr tp kenapa giliran ngecharge sampe full itu makan waktu bs lbh dr 10 jam ya? kadang bs sampe 12-13 jam baru full..

    ada yg pernah ngalamin ky gw ga ya? thanks

  • Dear Sam,
    kalau ngecharge sampai 10 jam, kelihatannya ngga normal. either voltage charger batere-nya ngga pas atau batere-nya. mendingan dicheck. kalau saya 1 jam-an udah full. padahal pake hp tersebut udah lebih dari 1 thn (2 thn malah), sudah digunakan secara brutal, charger juga cuek ngga diset kalau penuh dicabut (ditinggal tidur). Jatuh dari tangan, meja, mobil, tangga, total sudah lebih dari 20x. ujung charger keinjek kursi sehingga bengkok, tapi batere masih berjalan dengan bagus.

    salam,

  • dear admin,

    thx for the explanation..iya nih gw curiga jg di chargernya yg mungkin bermasalah secara baterenya pas di cek original..berhubung batere masih full ntar kl mau habis mau dicoba pake charger nokia yg lain..

    kl memang masih bermasalah juga..waduh terpaksa musti dibuka hpnya di nokia center..sbenernya rada ga rela gw hp dibuka, karena masalahnya cm 1, ngecharge aja yg lama selain itu ga ada masalah apapun sm e71nya..

  • aku baru bli hp ni..tp kok cara install nya sulit bgt,..aku mau download theme kok g bsa ke baca ma hpnya.pdhal q uda cari yg emang untuk e71.q mo tanya apa emg g ada ya theme yg cocok untuk hp nie?trus jam standby g cocok ma yg biasanya di wallpaper..pdhal uda diatur tp kok g brubah2 tenggang 1/2 jam g sama.apa ada pengaturannya?

  • buat admin na. . .

    tolong d jawab y????

    au butuh solusi. . .

    au mw beli hp E71, , ,au bngung hbis baca komentar teman-teman di atas. . .
    banyak yg komplain tentang hp tersebut. .

    saya minta penjelasan se detail0detail na tentang kekurangan n kelebihan hp tersaebut. .

    dan saya juga mau tnya. gimana cara penggunaan hp E71 dngan baik n benar, agar gag kejadian kayak temen-teman di atas. .

  • Saya pribadi puas memakai nokia e71. Firmware sudah terupdate dg yg terbaru.
    GPS dan mapnya juga oke, jg lupa update mapnya ke versi 3. Alhamdulillah ga pernah
    mengalami kesulitan seperti yg ditulis diatas. Apalagi harganya udah murah dibawah 3jt, aku dibandung dapat 2,8jt. Pokoknya puas dg e71

  • Duh,,kayanya banyak yang kurang puas ya,,

    Aku baru 3 bulan pake hp ini,,
    Ada beberapa kelemahan yang aku rasakan

    1. Hasil jepretan kamera 3.2 mega pixel’nya kurang bagus,,kurang pencahayaan alias gelap,apa lagi kalo di dalam ruangan,,masih bagusan kamera yang 2 MP tuh,,
    Trus,,kamera depan nya ko ga bisa di pake foto kaya N73 ya,,cuma buat video call aja,,
    2. Ketika melakukan browsing kadang suka mati sendiri,,
    3.Cepat panas kalo di pake modem,,
    4.Ga ada aplikasi buat edit foto,,

    Mungkin baru itu kekurangan yang aku rasakan,,karna itu yang paling sering di pake,,ga tau deh ke depannya gimana,,mudah-mudahan ga da komplen ya,, ^_^
    Tapi di samping itu aku ‘fine-fine’ aja ya,, 80% puass,,

  • dear admin…
    aki baru aja bli e71 3 hari yang lalu..
    trus aku kirim2 data dari laptop ke memorinya..ga lama setelah itu tiap buka kamera ada tulisan ” camera is using by another application “..
    trus jadi leleeeeet bgt…
    udah di scan tp ga ada nemu virusnya…
    harus gmn nih ya???
    jadi takut bgt..plis kasih solusi ya…thx

  • sharing time 🙂
    gw beli e71 red steel tanggal 8 Maret 2010 (wekz, lengkap pisan)

    gw emang udah ngincer banget ni hape,
    dibela2in ampe nunggu 2jetian

    selagi gw ngetik ini
    e71 gw lagi error pas mau bikin playlist lagu
    ngehang ga jelas
    pas mau add lagu malah ke menu utama (gubrakz)

    baru ini yang gw temuin ga aseknya hape gw
    hasil jepretan kamera sih biasa yah (standar hp nokia lah)

    semoga tidak ada lagi kekurangan2 yang daku rasakan (T__T)
    udah males ganti hp soalnya

  • sebenarnya yang punya hp e71 ini suamiku…tapi aku selalu tertarik dengan hal-hal baru yang belum aku tahu, hal hasil hp nokia e71 aku pelajarin cara kerjanya.. Setelah 2 minggu berjalan foto serta lagu-lagu di dalamnya hilang…sudah di cari-cari .. takutnya mungkin salah simpan dsbnya ngk ditemukan, akhirnya ke cust care nokia, di sana diinstal ulang lagi.

    Sekarang sudah berjalan hampir 6 bulan hp ini ngk pernah masalah. Tampilannya tipis warna hitamnya elegan cocok tuh buat cowok.

    Oh ya..ada kekurangannya yaitu hasil jepretan fotonya masih lebih bagus hp nokia N81

  • Aku baru pake nokia e 71 sekitar 3 hari, barusan beli..eh ternyata aku ngalamin hal yang sama dengan teman2 di atas…hang waktu memilih opsi menu… tapi aku punya caranya supaya bisa balik lagi tanpa harus mattin hp and buka baterai… Caranya: tinggal tekan tombol mengakhiri panggilan aja…(tanda telepon warna merah), hp akan kembali dan ngga hang lagi. Cara cegahnya, lebih baik kita pilih opsi menu dengan tombol sekali tekan (tanda rumah) dan ganti toolbar menu disebelah kiri dengan opsi lain mis:galeri, etc.
    Sejauh ini sih itu aja. Aku ngga mau pake buat macem2 sih, buat mejeng aja.. kl browsing aku lebih pilih pake speedy di rumah… hi..hi..

  • mau nanya donk mas, hp nokia e71 ku sering bgt restart. Terutama kalau buka menu media. Apa karena data2 ku terlalu banyak yah? (foto sampai dengan 1700 file). Apa kalau ganti memory sampai yg 8 GB bisa normal lagi? thx atas jawabannya…

  • mau nanya donk mas, hp nokia e71 ku sering bgt restart. Terutama kalau buka menu media. Apa karena data2 ku terlalu banyak yah? (foto sampai dengan 1700 file). Apa kalau ganti memory sampai yg 8 GB bisa normal lagi? thx atas jawabannya…

  • aduu jadi ngeri baca coment” diatas.
    .mav saya mau nny saya ud4 bulanan pke e71 pas bbrpa hari kemudian bluetoothnya ko rusak yaa.
    .ga bisa nerima dr hp org lain slalu gagal trs saya format sendiri trs bisa lagi tp stlh itu rusak lagi.
    .solusinya gimana ya?
    .sampai skrg saya blm benerin.mksi

  • ak pake e71 dr desember in..
    cukup puas kok pakeny,,
    cuma kamerany aj jelek..
    (pdhl ak hobi foto2)
    trus GPSny lemoot abis.. T.T
    dah gitu kadang klo telp,, suara ak nggema gitu,,
    it knp yaa?
    ad yg tau??
    but at all,, great mobile kok..
    😀
    cuma lagi pgn gnt onyx nih..
    hahahahaha.. 😀

  • Sebenernya pin nokia 5230.krn emang lbh konsen hp buat internetan sama dgr musik. eh tiba2 ortu beliin E-7 Merah steels. seneng c,walo merasa terlalu keren hahaha.karena selama 3 tahun ini pake hp cdma tok’ tanpa kamera..jadi aga bingung dapet hp canggih n keren.;p

    selama ini hp ku alhamdulillah baik2 aja.mungkin emang blom keserinagn dipake buat download ,dll kali yah.tapi smoga sih gak aneh2.hehehe.walopun aku jarang gunain aplikasi2nya seperti maps,dll tapi cukup bagus kok hp ini
    yang aku mau tanya :

    1. mau nyimpen lagu banyk di memory phone gak mungkin banyak.akhirnya nyimpen di memory cars.tapi kok gak bisa langsung muter semua yah,seperti di playlist.setiap satu lagu abis..harus klik lagu selanjutnya (ga otomatis).apa harus dowload winamp apa gmn yah??ada solusi prens???

    2.minta link buat antivirusnya donk…sama themes2 lucu hehehe
    3. sama fungsi OVI itu mirip BBM yah???haha (Gaptek abis)

    MOHON BANTUANNYA Yah kawan 😀

  • Aku baru beli hp E71 ini 3 bulan yang lalu,,,,softwarenya udah aku upgrade…sama kayak “widie”,,,,belakangan ini kalo ada panggilan masuk bunyi ringtonenya kadang-kadang nyendet kayak pita kaset yang rusak…
    Tapi herannya kalo bunyi sms,,,alarm ato dengerin mp3 suaranya bagus2 aza tuh gada masalah…padahal kan speaker yang dipake sama…kenapa yah???udah di check gx ada masalah sama lagunya…..kira-kira ada yang tau gx solusinya gimana???

    Trus 1 lagi,,,baru kemaren kalo masuk ke modus kamera kok suka ada bunyi “klik” yah???klo mu keluar kamera juga sama terdengar bunyi “klik” dari kameranya,,,,kenapa yah???gada pengaruhnya siy ke hasil gambar,,,tapi aneh aza rasanya abnormal….
    Kalo ada yang tau tentang solusi or info keluhan di atas,,,tolong kasi tau yah….thanx sebelumnya…

  • aku pake nokia e71 dah hampir 9 bulan tapi waktu pertama membeli saya memakainya dengan koneksi 3G… tapi battrenya kok terasa panas…
    apa ada solisinya…atau memang kawan-kawan yang lain juga mengalami hal yang sama…
    tolong di balas via email saya ya…
    ni alamat email saya : [email protected]
    tanks sebelumnya ya…

  • e71 gw jg baru 2,5 bulan.. kalo masalah nge-hang..yah lumayan sering sih, tp yaudahlah namanya jg elektronik. tp yg paling bikin bingung itu yg ringtone kayak kaset rusak (sama kayak kasusnya widi n santi). padahal alarm, tanda sms, music player semuanya masih bagus

    ada yg tau ga itu kenapa terus mesti diapain ? ga enak banget hape baru udah ada masalah..
    makasih banyak!!

  • ya ampun, buat widie sama santi, gw tau masalahnya ada dimanaaaaa!!!!!!! ahahahahahahaah
    coba cek 3D tones kalian, on ato off.. kalo punya gw ternyata ON makanya suaranya ANEEH !!
    cek media >> 3d tones
    LOL
    ternyata e71 gw masih bisa dipertahankan.. *walopun suka ngehang*

  • aku punya 2 E-71 (sama istri) klo lagi liat image secara thumb nail pasti nge-blink2…napa ya?

  • kirain nokia E71 gue doank yang suka ngehang, banyak ternyata haha!! Aneh lagi kalo camera nya di set modus malam tanpa blitz,kalo foto indoor, pasti hasilnya item ga keliatan, padahal kan hape nokia seperti 6600, E63 kalo di set modus malam tanpa blitz hasilnya terang, aneh ya!

  • tadi q baca di atas nokia E-71 bisa pake memorry 8gb emang bisa??…jangankan 8gb, 4 gb dan 2 gb aja ngehang apa lagi 8 gb!! Hoho…

  • punya gua kameranya aneh neh…
    kl di tempat gelap, tampilan di layar banyak semutnya, kayak hp berkamera 1 mPx…
    padahal, pas head to head ama e 71 temen gua, punya temen gua layarnya kinclong amir…
    batere juga cm bisa 2 hari doank…

    hiks..hiks..

  • Wah emang parah banget tuh e71 nokia… baru beli 1 minggu log sudah ga berfungsi lagi..
    heran produsen sebesar nokia kok bisa gitu ya…

  • aku udah beberapa bulan ini pke e71…
    ada beberapa masalah yang sering aku hadapin…
    kadang2 nie hp g bisa nerima telp, ngirim n nerima sms…pdhl dlm kondisi aktif
    n harus d restart dulu baru bisa normal lagi….
    n aku juga baru sadar klo nie hp g bisa getar..g tau deh sejak kapan…pdhl vibrating alertnya aktif…
    ada yang punya solusinya g….????mohon bantuannya….

  • kelihatannya kalau hp nya spt itu, ada kerusakan. standardnya bagua kok. sampai sekarang saya masih menggunakannya.

  • klo dibawa ke NCC gimana ya….???
    emang c selain itu aku fine2 aja pke nie hp…

  • Bnr2 bikin mangkel… Udah 2 hari e 71 punya gw ngga bs ngirim sms… kartu sim gw ngga mslh… terima sms bs, tp ngirim sms ampe lebaran kucing ngga kekirim2… knp bs ky gt ya… ada yg bs bantu ngga… Thanks

  • saya pakai e71 sudah 6 bulanan…sebelumnya masalahnya adalah hpnya suka ngerestart sendiri..terus dr semalem ga bs kirim sms padahal simcard ga ada masalah…kira2 ada yg punya solusinya?mohon dibantu…

  • saya pengguna hp nokia e71…opera mini saya gak berfungsi beberapa hari ini sebelummnya berfungsi…saya coba restart dan instal ulang tetap aja gak bisa..
    kaskuker ada solusi?

  • Sebelumnya saya punya punya Nokia 6600, lemot abis and hang mulu, terus saya beli E71 dengan harapan mungkin HP secanggih ini gak bakalan hang, ternyata eh ternyata sama hang-nya, ketika lagi SMS-an tiba2 hang, ketika ngutak-ngatik yg lainnya begitu juga, karena terlanjur udah dibeli, ya dipake terus dech :(, ada satu lagi masalah : Memory tiba2 suka gak kebaca, harus restart baru ok lg

  • Kamera E71 sampah banget…
    Apa gak ada yang bisa ngasih pencerahan gimana cara memperbaiki kamera yang ada garis2 ijonya???

  • dear Fafa:
    waktu itu saya pernah yang serupa (bukan hijau, tapi ada bagian gelap). ternyata karena lubang kameranya bergeser. setelah dibawa lagi ke nokia. digeser sedikit jadi pas.

    kalau hijau, saya kurang tahu. tapi mungkin bisa dibedakan antara fisik di kamera, fisik di layar, atau aplikasi.

    salam,

  • napa e71 kamera depannya cuman bisa make 3G shee …. ???

    ga bisa make foto…….

    ada yang tauuu >>>>>….

    by aswad _ SOrong- PApua

  • gue sih selama 8 bulan lebih pake nokia E71 bagus2 saja!
    kalau sms tdk terkirim coba u cek pengaturan pusat pesanx sdh benar atau belum?kalau sdh benar mungkin smsnya terblokir dari operator di karenakan virus hp jd nomor anda trus mengirim pesan ke orang2 sehingga di blokir oleh operator. coba dech tanyakan ke operator anda krn gue dulu jg pernah mengalami hal yg sama setelah gue hbgi operator gue dia blg memang sms gue di blockir krn trus mengirim sms ke orang2 jd gue minta di bukain blockirannya & ini bukan saja terjadi di hp e71 gue tp jg di n73 gue………
    trus kalau hang kayakx smua hp symbian begitu dech penyakitnya nama juga khan hp smartphone tp soal hang hp di e71q selama ini cuma 2kali sj hangx!
    trus kalau soal kamera memang tdk bagus kayakx memang nokia tdk terlalu memperhatikan soal multimediax krn di hp ini dia lbh fokus pada fitur perkantorannya namanya juga e71 hp bisnis khan…..
    betul ndak!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • E71?? mank klo skrg udah kyk barang lama… tp biasa aja ya??? klo emank mau kwalitas hp music or kamera… pilih SE aja…. ato camera harga 5jt keatas (10mega px)
    n klo music, pake aja salon yg gede” biar boom” terus….

    sejauh ini baek” E71Q…. ga da masalah…
    cm klo fungsi sebuah HP emank ga semaksimal sebuah notebook untk kerja, atau sekedar browsing…
    namanya yg ciptain manusia, ya ga ada sempurnanya…
    klo emank brows buat kerjaan Q lebih milih speedy…. untuk update fb dijalan Q lebih pilih HP…

    ya Alhamdullilah hp E71 termasuk terjangkau dengan banyaknya aplikasi” yg cukup blader gitu…

    klo tema biasanya Q beli… E63/E71 hampir sama klo masalah tema… Mbulet!! dr pd ngabisin pulsa buat tema ga kepasang”, Q putusin bli di conter aja…

    ya nama’x hp secanggih apapun paling enak ya cm bt tlpn sms…. klo mau lebih enak untuk kerja ya dibeli perangkat yg memang digunakan untuk kerja… dgn alat pendukung (HP)…. klo Q gt…

    E71…keren buat mejeng… hehehehehe iya… pendapat yg bgs thu…. **v

  • Halo smua….pakabar ne??
    kalian pada tau ngak napa kamera e71 q bergaris-garis hijau,,trus kalo ddlm ruangan yg minim cahaya gambarya gelaaaaappp. ada yang bilang ntu hardware kameranya yg rusak, oke gw ganti yang baru. gw coba cepret …eeehhh masih sama ga ada perubahan,, malah itung2 dompet gw yang berubah bolong..hmm nyerah gw..
    nahh.. agan2 klo ada yang tau kerusakannya apa please donk kasih comment gw….

  • Apakah hp nokia E71 separah ini?
    Saya mau beli ko jd ragu. . .Ada alternatif hp nokia yg lainnya g?
    Kalo C3 g bisa multitasking y?
    Thanx jawabannya . .
    =)

  • trm ksh jwbnnya..saya suka bentuk luarnya E71…
    apakah ada yg tahu mending pilih mana E71, X5, atau E5??
    terima ksh jawabannya.. =)

  • aku mau beli E71 ni bentar lagi,tp ko klo liat comment diatas kayak gitu ya??apa semua tergantung si pemakainya??ada yg lbh bagus dr E71 ga?tp harganya sama kya EJI?

  • dear Eni: aku sih puas…
    sampai sekarang aku pakai e-71 kok. tapi udah ngga seperti waktu itu. sekarang aku pakai utk chat pake fring. stabil dan bagus sekali.
    kalau pakai iphone (saya sudah coba berbagai im application, dan beli 2 im application). akhirnya malah saya ngga pakai tuh iphone utk chatting. menyebalkan malah…

  • Aku udah make E71 sekitar 5 bulan. Tiba2 mengecewakan, chargerx tak berfungsi. Dibawa ke NNC malah disuruh tunggu berbulan-bulan. Masa hax urusan charger untuk Nokia yg super besar harus nunggu berbulan2. Pelayananx mengecewakan.

  • duwh aku pke E71 ni sering gbsa kirim sms,,kenapa yah…da yg tau???Pdhal simcard nya gda masalah tuh 🙁

  • waduhh,,bnyk bgt klmhannya ya..aku dah pke e71 dah 8 blan emg sih suka panas n ngehang, brhubung wktu itu kcopetan jd skrg mau bli hp lg..tdnya sih mau bli e71 lg tp ko jd mkir lg ya. tp aku ska e71 krna ada kmra dpn klo bwt ngrm gmbr pas lg chat. btw mnding e71, gemini, apa smsung monte ya?
    thanks

  • aku br pake e71 tiga bulanan,menurutku:
    – ga terlalu panas buat modem (mkn krn tdk otmatis charging lwt usb, setting inet juga mudah bgt lewat pc suite. justru lbh panas kl brosing lwt hp langsung.
    – plng benci galeri filenya, ngga sepraktis SE. slain itu, galeri jg langsung menampilkan file sejenis dr smua folder.
    – ikon bawaan jelek. tp themes gratis kan byk,tggal donlot
    – skrang e71ku dah aku hack pk helloox. lmyan bisa instal byk aplikasi, terutama smartmovie dan TTPod, sbb player bawaanya jelek bgt.
    – kurang nyaman buat main game race, aku dah instal asphalt 4 elite HD dan ferrari GT HD, tombol kontak & kalender sering kepencet. sm jg kl buat main real football, hrs pk trs tombol shift.
    – keseluruhan, E71 tdk mengecewakan…
    Buat yang mo bl e71,cari yg paling ngga produksi akhir 2009-nan. biar ga repot update firmware.

  • e71 cukup memenuhi untuk kerja, beberapa aplikasi sesuai hanya saja ada hal-hal yang perlu diperhatikan khususnya aplikasi yang aktif, bisa membuat board e71 panas sehingga memakan batere cepat sekali habis. Baterenya pun agak mahal rata2 400 ribu – 500 ribu.
    Aplikasinya mudah, tinggal ambil di OVI cukup via laptop buka IE/Chrome lalu akses deh. Juga ada program bermanfaat seperti Mobile Documents, tidak ada di OVI tetapi bisa dicari di internet, ini sangat membantu sekali ada push-mail dan storage online menjadi satu, sehingga saat perlu attach document tidak perlu download dari komputer, tetapi langsung dari storage online-nya. Langganan Nokia Push-Mail pun murah, tinggal register di provider masing-masing.
    Video Call bermanfaat tetapi harus berlangganan 5000 rupiah per-bulan untuk koneksinya, potong pulsa (kalo nda mo potong pulsa pake langganan bulanan).
    Agenda sangat user friendly, tetapi kalo cepat2 ketik bisa kesimpan, tetapi tidak perlu khawatir bisa di edit kembali .. 🙂
    Dari skala 1-5 saya katakan 5 untuk Nokia e71.

  • aduuhh tolong donk w baru pake e71 6 bulan ..
    w tuh dr segala pnya hp hampir sering msh bagus knp w pny w e71 nii mlah apes y .. jd gnii nii e71 w kena air kurang lebih 1 jm .. cos w bawa air aqua g tw knp tuu bisa bocor aqua kna de hp e 71 w .. skrg gymn cra nya hp w idup .. da 5 jam w keringin pake ap aj .. tp g nyala”..please .. kl ad yg tw ksh tw w ..

  • So far saya pake e 71 tidak ada masalah. dan memang betul desain 71 nggak ada yang bisa ngalahin meskipun sekelas BB . puls OS symbian di mana di luar aplikasi bisa kita beli dengan harga murah. pokoknya e 71 is the best lha

  • aku pake nokia E71, so far so good sich, buat browsing, and buka email koneksinya bagus, cuma aku gak suka kameranya. jelek banget hasilnya. kalah tuch sama nokia 3230. padahal ktnya resolusinya lbh besar E71..

  • hmmmmm,,padahal saya kira nokia e71 bagus,,tapi gak taunya byk jeleknya ,kameranya kalo indoor gelap,padahal e3 terang.terus kalo mau ngehapus aplikasi.pasti kadang aplikasi lain hilang terus direstart dulu biar balik

  • Mohon info dund.. Nokia E71 ade gw koq gak bisa download aplikasi apapun. di File Manager ada tapi gak bisa dipake pas di folder Instalationnya gak ada.. MMCnya baru di format trus mau download lagi gak bisa..

  • aku uda pake nokia e71 1 tahunan.kemaren sempet ngehang.blank screen gitu.terus aku bawa ke nokia care dan ternyata harus upgrade software.setelah itu e71ku kembali nyala.tapi sekarang masalahnya muncul lagi.aku sengaja ga masukin mmc nya dulu ke hp,soalnya belum di format ulang,takut ada virusnya.jadi untuk sementara pake memory teleponnya dulu.pas kalo ada sms masuk selalu ada perintah kalo memory telepon full.aku coba apus semua sms dari messagenya,tapi tetep aja tu perintah muncul2 terus.uda ane matiin dulu terus dinyalain lagi masi aja ada perintahnya.itu kira2 kenapa yaa?temen temen ada yang bisa kasi solusinya buat aku?makasi banyak 😀

  • kenapa ya e71 ku sering nge hang,,trus klo dah nge hang gak bisa di nyalain pake pawer nya harus di cas dulu padahal batre masih pul 80%..ada yg bisa kasih solusi gak,,,,,,,,,,,,,?terimakasih.

  • aku baru 3 bulan pke e71. Baru 2 bln pke ga bisa sms, lgsg aku bawa ke nokia care centre, ktny kna virus. Diinstall ulang deh..alhamdulillah ampe sekarang ga ad masalah lg. Aku suka ma designnya. Ak bkn org yg ska otakatik aplikasi jd ya e71 ak cma ak pke sms, nelp, browsing lewat operamini..kameranya jg lumayan. Pokonya ak seneng pke hp ini..

  • bgusan e66.jarank henk..kamera lumayan lah.90% bgus…cuman speakerx it kecil suarax..hmm tp sayang bgt.q mau jual hp ne..q lepas .1,3 nego..q daerh surabaya..085733023829.hub/mzq ya jika brminat.pliz tlngn qw.bth uang bgt.

  • solusi ane yah mndingan bawa aja ke NCC nya langsung.
    klo melalui ane aja gan. kbetulan ada sahabat ane yang jd teknisi NCC.lumayan lah bwat tmbahan smpingan.harga brsahabat gan

  • E71 ane full moding abis2an,full game abis2an,full aplikasi kantor abis2an,full multimedia abis2an hasilnya sangat memuaskan

  • bro ane butuh info dong saya suka sama E71 dr segi fisik dan internalnya walaupun masih ada kekurangan,saya punya problem, E71 saya kok ga bs refresh lagu ya? padahal jelas sekali saya baru transfer lagu dr laptop ke E71 tp setelah di refresh ga bs? info tolong bro

  • ah itu mah lu aja yg jorok pake hp nya, gw aja y gpake e71 hampir 4 bulan ga pernah ada masalah, segitu aplikasi sering di double sama game sama musik, tapi ga pernah nge hang atau apa. ITU MAH LU AJA SEMUA YG PAKE NYA JOROK GATAU BELI BARANG RONGSOKAN !!! BELI TUH YANG BARU JANGAN YG BEKAS !!!

  • coba kamu ganti memorynya…… ..!!! coba kamu beli memory micro sd yang bermerk dn berkwalitas..!!! soalnya saya juga pernah mengalami kasus seperti kamu…. eh ternyata memory exsternalnya….

  • ga ush pd ribut,nyatanya gw dh pke ne hp brtahun2 aman2 aza.solusinya mudah,sisain memori card min 1 GB oK

  • ga tau jorok apa ga tau apa emang hp.nya.
    Kalo browsing koq lambat banget ya, padahal pake im3 100rb unlimited, belum mencapai kuota. Ga pagi siang malem.. Sisa memori card juga masih 1,6.
    Batere panas terus, apa sebab push email diaktifin ya..? Padahal ga lagi dipake, lagi stand by aja biasa.
    Normal apa ga sih kaya gitu..?
    Makasih sharingnya yach.

  • mungkin ada yang bisa share solusinya/penyebabnya yaitu saya pindahin external memory card aq pake dari N95 Nokia ke E 71 tetapi video nya nggak nongol visualnya/gambarnya tapi sound/suara nya keluar, gimana yaa agar memory saya tetap bisa di puter di E71

    Thanks

  • Mungkin ada yang bisa share solusinya/penyebabnya yaitu saya pindahin external memory card dari N95 Nokia ke E 71 tetapi video nya nggak nongol visualnya/gambarnya tapi sound/suara nya keluar, gimana yaa agar video tetap bisa di puter di E71

    Thanks

  • mau nanya nih, hp E71 ane kok mati total ya padahal baru 7 bulan make,,apa emang gitu kelemahanya ????? tolong infonya,,

  • wah,,,,aq pake nokia e71 dr 2008 mpe skrg 2011 aman2 ajah,,,, mungkn temen2 dulu beli produk nokia BM,,,,, aspal ( asli tapi palsu) wkwkwkwwkkw…. N 1 lagi yang parah,….. Krna maaf mungkin ga familiar memakai produk smartphone,,,,,xixixixixixixi

  • semua itu tergantung pemakainya,, gw pake E71 dari 2009 waktu masih baru2nya gak pernah ada masalah tuh, gak tanggung2 memory ext yg gw pake 32GB,, gak pernah da masalah.. malahan skg bs wat chat karakter unik ala BB,,tp pake syarat yg penting setingan jaringan jgn pake modus ganda,, cukup GSM aja,, krn itu bikin nguras sumber daya batre,trus perhatikan secara rutin aktifitas di ram memorynya,,sebab kalo udah >=70% bisa reboot kalo antivirus udah waktunya patroli. Sementara cukup itu aja dlu infonya 🙂

By mico wendy

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Get in touch