Alfa Link tipe: EI-1234CJ(Ox) Plus

A

gambar Alfa Link

Alfa Link baru mengeluarkan model baru. Model sebelumnya sekarang didiscount sekitar 300 ribu lebih murah daripada model ini. Yang model lama warnanya kuning. Awalnya pembelian alfa-link ini karena salah satu anak saya cerita, bahwa di sekolahnya ada beberapa anak yang menggunakan alfa link. Jadilah beli… (Harga sekitar Rp 1.3 Jt)

Pembelian pertama tidak begitu mulus. Barang baru yang dibeli, setiap hari mungkin hang sekitar 10x. Setelah 4 hari masih seperti itu, maka sebelum Lebaran kemaren saya bawa alatnya ke tokonya. Ternyata pelayanan mereka baik, tanpa banyak tanya detail, mereka menukarkan alfa-link tersebut dengan yang baru. Ok. Pelayanannya ok. 😀

Nah, saya ingin membandingkan sedikit mengenai kamus ini.

1. Kalau dari bentuk, bentuknya mirip seperti buku kamus kecil. Jadi dari view. cukup indah (walaupun saya prefer yang lebih tipis).

2. Dari jumlah kamus, lumayan. Saya beli ini karena ada Mandarinnya. Cuma kalau dibandingkan dengan Palm aku + program plecodict  jauh. Bagusan Plecodict. Hanya saja, plecodict belum mengeluarkan model yang mengeluarkan suara (mereka sudah mengatakan akan mengeluarkan model ini, lebih dari 1.5 thn yang lalu, yang mana sampai sekarang belum keluar juga). Selain itu, dengan plecodict, kita bisa handwriting tulisan mandarinya. Jadi kita bisa mengores2 di layar palm huruf mandarinnya.

3. Dari kecepatan, ini juga agak mengganggu. Alfa Link kerasa lambat. Jauh lebih cepat tangan kita mengetik dibandingkan alfa-link mengeluarkan huruf yang kita pencet. Kalau terlalu cepat, bukannya ada buffer, melainkan huruf yang kita ketik jadi kelewat.

4. Dari segi konektivitas antara kamus. Ini juga agak sulit, alias kurang user friendly. Misalnya dari kamus kita ingin mengetahui bagaimana bunyinya, itu kita harus pelan2 pake tombol maju mundur sampai ke kata yang ingin kita dengar suaranya. Sering kali lebih dari 10x pencet baru sampai ke kata tersebut.

5. Dari segi layar, juga kurang begitu jelas. Jauh dibandingkan Palm. Jauh dibandingkan handphone. Jauh dibandingkan dengan monitor komputer.

6. Dari segi websitenya (www.alfalink.co.id) kurang begitu enak di browsing. juga emailnya masih menggunakan email non alfalink.co.id. Mungkin ini karena usaha saya salah satunya adalah bisnis website. 🙂

Lain-lain standard… cuma semoga berguna buat anak. Karena isinya kamus, jadinya bener2 seperti bawa kamus. Sayangnya mereka lebih seneng nonton tv dan main NDS dibandingkan pakai kamus ini, hehehehe.

ps. Malah kalau saya hanya butuh kamus inggris – indonesia. saya memilih menggunakan kamus yang ada di Nokia E71. Yang mana handphone itu selalu saya bawa,  dan jauh lebih kenceng dibandingkan alfalink.

About the author

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

3 Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • Nah lho…..
    Beli barang kok yang kayak gitu

    Aq dulu juga tau nya cuma alfalink aja,
    tapi ketika aq main ke gramedia ada spg yang tawarin
    Besta kamus elektronik. mmm..baru denger nih. Setelah dengar penjelasan SPG tersebut ternyata TOP BGT. Bisa touchscreen dan sudah ISO-9000.
    Kamusnya edisi terbaru, tidak lemot, layar LCD, pokoknya DLL dech…
    Memang harganya agak mahal tapi kayaknya sepadan ma isinya. Akhirnya jadi beli dech…. gak nyesel. Oh ya isinya bisa ditambah2in lho karena bisa connect ke computer.
    Tuk info cari aja di google ttg BESTA atw ke situsnya http://www.besta.co.id atau hunting ke toko2 buku aja dech, ok……

  • wah Jeng kok bisa2 nya beli barang tapi nggak teliti ternyata kita senasib.

    aduh kalau denger Alfalink saya juga sudah tertipu nih katanya kosakatanya berjuta kata tapi apa !!! setiap cari suatu kata yang saya ingini ketemunya jarang – jarang ( kira2 kata yang berjuta kata tsb pada kemana yah ??? ) atau hanya rekayasa saja kosakata yang banyak berjuta – juta kata supaya pembeli tertarik ??? ( wah kalau memang seperti itu sama juga penipuan kan ) 🙁

  • saya juga mau beli alfa link,review nya bagus dan lengkap, saya tertarik sama program plecodict ,bisa minta info untuk mendapatkan program nya. thanks

By mico wendy

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Get in touch