Tiger Wong & Long Hu Men

T

Cover Long Hu Men lama Salah satu cover: Tiger Wongcover Long Hu Men Salah satu cover: Long Hu MenSaya termasuk salah satu penggemar komik “Long Hu Men”. Long Hu Men merupakan salah satu komik karangan “Tony Wong”. Long Hu Men yang di Indonesia, diterbitkan oleh M&C, judul asli yang di luar negerinya adalah “Xin Long Hu Men” yang artinya “Perguruan Naga dan Harimau Baru” –> baru karena sebelumnya mereka sudah mengeluarkan buku dengan judul yang sama (1280 nomor), tetapi akhirnya dibuat ulang dengan gambar yang lebih bagus dan cerita yang lebih baik (di Indonesia judulnya “Tiger Wong”).Ada perbedaan antara XLHM dan LHM. Dulu LHM dari segi kualitas gambar kurang bagus, sekarang lebih bagus. Cerita di LHM jagoannya lebih banyak mati-nya dibandingkan penjahatnya. Lama-lama cerita makin aneh saja (ada yang mati hidup lagi, tangan putus tumbuh lagi, jurus kungfu yang tembus dari seharusnya) sampai akhirnya di nomor 1280 jagoan2nya tembus ke ruang waktu, dan keluarlah majalah baru dengan semua ilmu dan pemeran direset.Untungnya sekarang ini lebih ada alur ceritanya, jurus2nya lebih terkontrol, ceritanya juga lebih baik. Semoga saja Tony Wong tidak mengulang spt dulu, yaitu jagoan2 terlalu banyak dibunuh2, dan jangan ada jagoan super hero tak tertandingi (Lau Zu Zhong = Kakek Tua tanpa tanding).Nah. selain kita dapat memperoleh bukunya di gerai2 gramedia. Ada yang underground, sebagian menyimpan dalam situs penyimpanan foto/gambar (spt multiply tapi versi chinesse), atau di rapidshare. Selain itu ada juga milis2 yang membahas mengenai hal-hal tersebut. Beberapa milis:

  1. http://groups.yahoo.com/group/longhumen {Bahasa Indonesia}
  2. http://groups.yahoo.com/group/orientalheroes {Bahasa Inggris}
  3. http://groups.yahoo.com/group/jademansorientalheroes {Bahasa Inggris}

Untuk forum:

  1. http://www.kaskus.us/showthread.php?t=263539 {bahasa Indonesia}
  2. http://our.3320.net/land/index.php {bahasa Mandarin}

Di antara milis / forum tersebut. Kadang2 ada yang posting ringkasan dari majalah (ringkasan dari bahasa aslinya), ada juga yang terjemahan secara simple. Misalnya di /OrientalHeroes bagian files, kita bisa mendapatkan ringkasan beberapa nomor dalam bahasa Inggris. Kadang ada ulasan2 yang sesuai dengan pendapat masing2.Nah kalau kita rajin mencari di situs2 tersebut. kadang ada yang memberikan link utk download langsung di rapidshare (atau semacam ini). Filenya biasanya di compress ke .rar atau .zip. –> segera download kalau ada. ini pilihan yang lebih mudah, kekurangannya karena download dalam 1 file maka kalau di tengah2 kita putus, tidak bisa dicontinue (kecuali pake rapidshare berbayar).Ada juga yang kadang2 link ke:

http://photo.163.com/photos/ …Nah kalau ini per album photo. lebih cape downloadnya (satu2), tapi lebih aman kalau koneksi tidak tetap.

Sayangnya karena ini personel, jadinya kadang mereka update, kadang tidak. Asal kita dapat satu link saja. Itu udah sangat menolong utk search gambar2 lainnya. Cara yang biasa saya lakukan adalah, cari friends dari link tersebut (ada link friends). dari situ search satu2 sampai dapat beberapa yang memang sering update.Hem, bagaimana kalau bahasanya bahasa Mandarin? Ada beberapa yang saya lakukan:

  1. Pakai mozilla + add on Chinesepera-kun.
  2. Pakai automatic translator (babelfish, google language tool, yahoo). Hasilnya cukup memuaskan (+tebak2kan).
  3. Atau pakai kamus di palm (saya penggemar berat Palm Tungsten): Plecodict (ini sekalian belajar tulis Mandarin).

Cuma mungkin, karena XLHM asalnya dari Hong Kong, tulisannya menggunakan Chinese Traditional, bukan yang Chinese Simplified.Yah, Long Hu Men, Tiger Wong, dkk, kadang bisa membuat kecapaian saya di hari kerja jadi berkurang…   :)ps. menurut saya ada beberapa nomor yang super sadis di sini. jadi highly not recommended dibaca anak2. salah satunya: “pembunuhan Wen Zu, dibakar, dan dicabut2 tangan kakinya –> hidup2”, “pembunuhan Xiong Xing yang tulangnya dicabut satu per satu –> hidup2”, “pencabutan bayi dari dalam perut ibu –> ini minimum ada 2 ibu”. Setiap saya mengulang baca, termasuk berat…

About the author

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

6 Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • Bos, Andaikata sy mau free download Long hu men terbaru
    websitenya ada dimana?
    Kalo nunggu dari M&C kelamaan, Jadi kagak asyik lagi lanjutinnya.

    Thanks & Salam Kenal

    Hian On

  • Bos kapan komiknya diterusin( terbit cerita ) berikutnya itu komik kengan saya waktu jaman SD terima kasih

  • BOss……salam sukses dan sehat selalu

    nama gw martin gw juga adict banget ama karya2 tony wong terutama LHM ini,
    bisa ga bro gw dikasih file2 tentang LHM,…gw maniak bener ama buku cerita ini, dan gw pengen banget bisa ngedownloadnya lewat komputer,…tolong yah boss..please
    thanks banget seblumnya…..salam kenal

    regards

    denny martin

  • Salam kenal sobat2 para pecinta Long Hu Men

    Alhamdulillah… Long Hu Men telah terbit kembali, dalam waktu berdekatan terbit 159a yang super tipis dan nggak lama kemudian terbit yang 160 … tebbal.
    Pagi ini, di kios majalah St.Gambir, saya dapat side story nya Dewa Iblis Awan Api (Buku 1 dari dua buku).
    Selamat berburu….

    Jakarta, 29 Oktober 2009

By mico wendy

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Get in touch