Solusi Kirim Email dari Beberapa ISP

S

Pernah ada pengalaman kirim email, via beberapa ISP? Misalnya kita pake notebook yang sering dibawa ke kantor, dan dibawa pulang ke rumah (bisa juga kita pake USB yang dibawa2, di dalamnya kita taruh Email Client). Sedangkan koneksi internet di kantor dan rumah tidak sama (contoh saya di kantor Bdg pake centrin, kantor Jkt pake indosat, di rumah pake speedy dan melsa). Yang sering bermasalah itu adalah harusnya mengganti setting SMTP server di mail client kita.

Ada beberapa solusi:

1. Install aplikasi kecil di notebook kita. yang bisa ngerubah smtp addressnya. aplikasi email client kita di set ngirim ke aplikasi itu. baru nanti di set. –> saya udah coba, tapi kurang suka.

The Constant Gardener movie

2. Pake Eudora. di Eudora, kita bisa bikin beberapa account eudora. Saya baru lihat cuma Eudora yang bisa seperti ini. Saya buat misalnya konsep – cbn (artinya email atas nama konsep.net, kirimnya pake cbn), konsep – speedy (= email atas nama konsep.net, kirimnya pake speedy), netdsign – speedy (= email atas nama net-dsign, kirimnya pake speedy), dst.

Eudora Capture

3. Atau pake jasa hosting yang sedia smtp untuk pelanggannya. (promo), salah satunya di www.bisnismedia.com menyeediakan fasilitas tersebut. Jadinya dimanapun kita ada dan pake koneksi apa juga, kita tinggal pake hosting setting tersebut utk mengirimkan email. Contoh saya pake smtp server mail.konsep.net untuk mengirimkan emailnya.

4. Atau pake webmail. 🙂 kadang penggunaan webmail adalah alternatif terakhir yang saya pilih, karena belum senyaman menggunakan Email Client.

Ok, kalau saya sendiri prefer menggunakan 2 & 3. 2 itu saya pilih pertama sekali, karena walau bagaimanapun kalau kita sedang menggunakan koneksi menggunakan ISP x, tentu saja mengirimkan menggunakan SMTP server mereka juga akan jauh lebih cepat. Tapi kalau ini mentok, baru saya pilih yang alternatif 3.

Pengguna telkomnet instant (0809…) juga kalau tidak salah tidak diberikan SMTP server. Jadi alternatif 3. perlu diambil.

ps. Sekarang Eudora di-opensource-kan oleh Qualcomm (http://wiki.mozilla.org/Penelope)

About the author

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

By mico wendy

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Get in touch