rar compression (kelebihan)

r

rar compression.. banyak file di internet yang menggunakan .rar, .zip, dan sekarang .7z. Dulu saya ikut newsgroup (easynews) untuk download film-film. Di situ bertebaran file .rar. Biasanya selain banyak file rar (utk satu film), ada juga file2 berekstension lain (lupa nih extensionnya, kalau ada yang tau tolong komentar ya). Nah ini salah satu kelebihan rar:

  1. rar itu bisa dipecah2, dan ngga perlu program penggabung lain
  2. rar bisa dibuat dalam jumlah file berlebih (redundant), contoh yang seharusnya 10 file rar, jadi dibuat 12 file rar. nah nantinya kalau ada 2 file yang mana saja yang hilang. tetap dapat dibuat / diperbaiki oleh tools rar (ada malah program khusus utk ini, tapi lupa namanya).

Kenapa yang upload ke newsgroup perlu buat redundant? itu karena banyak newsgroup provider (server) yang kadang2 file-file tersebut hilang. Misalnya ada 3 server. Di server 1 yang hilang file ke-2, di server 2 yang hilang file ke 9, di server 3 yang hilang file ke-5. kalau pengguna di masing2 server minta ke peng-uploadnya untuk mengirimkan file-filenya lagi. artinya bisa bengkok tuh si user karena harus upload-upload ngikutin permintaan. Dan user lainpun bisa bete karena ada file-file yang double-double.

Dengan solusi membuat redundant. maka hal tersebut tidak perlu. Di server manapun kalau ada file yang hilang. User dapat bikin sendiri. 🙂

Memang tidak sebentar (utk file-file 100 mega dulu butuh waktu 20 menitan). Tapi puas sekali dengan adanya fasilitas ini.

Sekarang ngga tahu gimana, apa masih butuh ini atau tidak. dengan filesharing torrent, download rapidshare. jadinya mungkin tidak diperlukan (cara mainnya beda dengan newsgroups).

btw dulu sih menarik sekali newsgroups. film2 mandarin yang itu bertebaran di situ.

winrar - error checking

capture: salah satu optional di winrar supaya redundant.

About the author

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

1 Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

By mico wendy

mico wendy

I am working at IT company, PT Konsep Dot Net (www.konsep.net) and Netdesain (www.netdesain.com). Living in Bandung and Jakarta.

Get in touch